WICKED - SCORA&SCORP CIMSA UNS

WICKED - SCORA&SCORP CIMSA UNS

image

WICKED

(Women’s Insecurities and Sexual Abused Eradicated)

SCORA&SCORP CIMSA UNS

HI,CIMSA!
Masih ingat kan dengan Perayaan International Women’s Day pada hari minggu kemarin? Dalam rangka memperingati International Women’s Day 2019, CIMSA FK UNS telah mengadakan kegiatan trans-sco dari SCORP dan SCORA yaitu WICKED atau Women’s Insecurities and Sexual Abused Eradicated. Kegiatan ini mengusung tema “Insecurity and Sexual Abused”. Akhir-akhir ini, kasus pelecehan seksual sedang marak terjadi, mulai dari yang berbentuk verbal, non-verbal, maupun fisik. Berdasarkan data dari Komisi Nasional (Komnas) Perempuan, di mana untuk jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan pada tahun 2017 sebanyak 348.446 kasus. Dan memang benar, CATAHU KOMNAS Perempuan 2018 menunjukkan hal yang baru, berdasarkan laporan kekerasan di ranah privat/personal yang diterima mitra pengadalayanan, terdapat angka kekerasan terhadap anak perempuan yang meningkat dan cukup besar yaitu sebanyak 2.227 kasus. Sementara angka kekerasan terhadap istri tetap menempati peringkat pertama yakni 5.167 kasus, dan kemudian kekerasan dalam pacaran merupakan angka ketiga terbanyak setelah kekerasan terhadap anak yaitu 1.873 kasus. Selain itu, perasaan Insecure atau rasa kurang percaya diri sudah tidak terasa asing lagi. Perempuan-perempuan sering kali lebih mudah merasa insecure. Rasa kurang percaya diri itu sering timbul karena apa yang dimilikinya tidak seperti yang orang lain miliki.

     

Untuk mengatasi masalah Insecurity tersebut , kami telah mengadakan talkshow pada hari Sabtu, 18 Maret 2019, tentang Insecurity yang dibawakan oleh dr. Jiemi Ardian. Namun sebelum itu, terdapat training mengenai Gender Equality yang dibawakan oleh TNHRT, Mbak Enni. Setelah training pertama, dilanjutkan ke acara yang ditunggu-tunggu yaitu Talkshow, yang dibawakan oleh seorang dokter yang cukup terkenal di social media, bisa dibilang sekarang beliau adalah salah satu influencer atau selebgram, yaitu dr. Jiemi Ardian. Sebelum talkshow dr. Jiemi memberikan materi mengenai insecurity. Materi yang diberikan sangat bermanfaat.

Setelah materi selesai dilanjutkan talkshow. Talkshow berjalan baik dan sangat menarik minat peserta. Pernyataan-pernyataan beliau sangat inspiratif dan cukup membuka pikiran. Setelah talkshow, peserta dipersilahkan Istirahat. Acara setelah ini adalah training yang tidak kalah seru, dan materi yang akan diberikan sangat menarik dan sangat berhubungan sekali dengan perayaan International Women’s Day,yaitu training mengenai Sexual Abused oleh Petra, Mas Malda dan Mbak Bulan. Training berjalan dengan baik dan sangat seru. Sudah tidak terasa sudah dipenghujung acara, namun sebelum pamit terdapat arahan dari Mas Naufal mengenai teknis CFD besok. Dan acara hari ini ditutup dan dilanjutkan besok di CFD.

     

Acara pada hari Minggu, 17 Maret 2019 adalah Longmarch yang diadakan di CFD Slamet Riyadi. Longmarch dimulai pada pukul 07.00, berawal dari hotel diamond sampai titik akhir di Sriwedari. Setelah Longmarch selesai, acara dilanjutkan dengan campaign atau penyuluhan yang targetnya adalah wanita. Setelah selesai acara ditutup dengan foto bersama. Diharapkan dari terselenggaranya kegiatan ini, pengetahuan kita mengenai rasa insecurity meningkat, begitupula dengan pemahaman mengenai pelecehan seksual serta dapat mengurangi angka terjadinya pelecehan seksual.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top