WDD - SCOPH CIMSA UGM&UKDW

WDD - SCOPH CIMSA UGM&UKDW

image

 


WDD

(World Diabetes Day)

SCOPH CIMSA UGM&UKDW

Hari Diabetes Sedunia (World Diabetes Day) pertama kali dirayakan  pada tahun 1991 oleh IDF (International Diabetes Federation) dan Organisasi Kesehatan Dunia dalam menanggapi kekhawatiran tentang meningkatnya ancaman kesehatan yang ditimbulkan oleh diabetes. Hal tersebut membuktikan bahwa penyakit Diabetes mellitus (DM) ini merupakan hal yang mengkhawatirkan, tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia. Maka dari itu, SCOPH CIMSA UGM dan SCOPH CIMSA UKDW melaksanakan kegiatan World Diabetes Day 2018 sebagai bentuk nyata kepedulian kami terhadap kesehatan masyarakat terutama dalam masalah DM.

     

Diabetes mellitus (DM) adalah penyakit gangguan metabolik pada pankreas yang tidak mampu produksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin—hormon yang mengatur keseimbangan gula darah–yang telah diproduksi secara efektif. Hal ini akan menyebabkan peningkatan jumlah glukosa dalam darah (Infodatin, 2014). Berdasarkan hasil dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, prevalensi penyakit DM di Indonesia mencapai 1,5%. Prevalensi DM di daerah DIY sendiri tergolong tinggi sampai mencapai angka 2,6%. Selain itu, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Yogyakarta tahun 2017, jumlah pasien dengan DM terbanyak berada di Puskesmas Gondokusuman 1 dengan jumlah pasien mencapai 410 orang pasien. Inilah hal yang memberikan dorongan bagi kami untuk mengadakan acara World Diabetes Day 2018. Acara terdiri atas tiga rangkaian kegiatan yaitu internal training, campaign, serta perayaan World Diabetes Day 2018 dalam bentuk pemeriksaan kesehatan dan konsultasi kesehatan.

     

Acara World Diabetes Day 2018 diawali dengan diadakan campaign (16/11) tentang diabetes di Radio Republik Indonesia bersama dengan dr. Yoseph Leonardo Samodra, MPH dan beberapa member SCOPH yakni Kenzie Ongko Wijaya dan Nona Aurelia sebagai representatif SCOPH CIMSA. Materi pembahasan yang diadakan adalah mengenai peran keluarga dalam pencegahan diabetes dan gerakan masyarakat memerangi diabetes.

Pada tanggal 17 November 2018 bertempat di Auditorium Ismangoen FK-KMK UGM, Internal training diadakan terkhusus bagi anggota SCOPH sebagai bekal persiapan anggota SCOPH CIMSA UGM dan SCOPH CIMSA UKDW melaksanakan acara World Diabetes Day 2018. Internal Training diawali dengan pemaparan materi oleh trainer PHLT, Ariana Maharani dengan judul Diabetes Mellitus, a Public Health Concern. Setelah itu, member SCOPH dilatih untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah dan kadar gula darah sewaktu secara berkelompok. Dengan diadakannya internal training ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan member mengenai diabetes dan mengasah kemampuan mereka dalam melakukan pemeriksaan kesehatan dan edukasi sederhana.

     

Penutup acara World Diabetes Day 2018 ini diadakan di Embung Langensari pada 18 November. Acara dimulai dengan senam sehat bersama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta, dilanjutkan dengan talkshow dari dr. M. Robhikul M.Kes SpPD KEMD, perwakilan Persatuan Diabetes Indonesia. Acara kemudian dilanjutkan dengan sharing bersama penderita diabetes dari Prolanis Jogjakarta. Setelah itu, diadakan pemeriksaan kesehatan oleh member CIMSA UGM dan CIMSA UKDW. Konsultasi kesehatan dilakukan oleh tim Persatuan Diabetes Indonesia yakni dr. Anita Septiana Maria, dr. Carolina Hajir, dan dr. Ana Khairina serta alumni CIMSA UGM yakni dr. Muhammad Herdhana Ash Shidiqi, S.E. . Acara ditutup dengan pengumuman doorprize kepada peserta acara. Semoga dengan diadakannya kolaborasi projek ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan kepada masyarakat.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top