WAD - SCORA CIMSA UNISSULA

WAD - SCORA CIMSA UNISSULA

image

WAD

SCORA CIMSA UNISSULA

HIV/AIDS merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi Virus Human Immunodeficiency Virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Jumlah HIV positif yang ada di masyarakat dapat diketahui melalui 3 metode, yaitu pada layanan Voluntary , Conselling , and Testing (VCT), sero survey dan Survei Terpadu Biologis dan perilaku (STBP).  Jumlah kasus baru HIV tahun 2017 sebanyak 14.640 kasus, sedangkan jumlah AIDS mencapai 4.725 kasus.

          Selain pada kasus penyakitnya, stigma dan diskriminasi telah menjadi hukuman social oleh masyarakat diberbagai belahan dunia terhadap pengidap HIV/AIDS. Tindakan diskriminasi dan stigmatisasi membuat orang enggan untuk melakukan tes HIV, enggan mengetahui hasil tes mereka dan tidak berusaha memperoleh perawatan yang semestinya serta cenderung menyembunyikan status penyakitnya. Hal ini akan semakin memperburuk keadaan dan membuat penyakit ini semakin meluas penyebarannya secara terselubung. Sehingga perlu upaya penanggulangan terhadap stigma dan diskriminasi terhadap ODHA (Orang dengan HIV/AIDS).

SCORA CIMSA UNISSULA turut membantu dalam mengurangi angka prelevensi kejadian HIV/AIDS dan menghilangkan stigma buruk masyarakat terhadap ODHA, dengan cara ikut merayakan hari AIDS dunia. Rangkaian acara tersebut dibagi menjadi 3 acara.

Kegiatan acara yang pertama yaitu berkunjung di Rumah AIRA sebelum perayaan Hari AIDS dunia. Tujuan kunjungan ini adalah untuk memperkenalkan member dari SCORA Unissula untuk merasakan bagaimana bertemu langsung dengan ODHA dan ADHA. Member terlihat senang dan langsung mengajak bermain pada ADHA dirumah AIRA tersebut. Kunjungan ini juga untuk mengenalkan kepada rumah AIRA mengenai  Organisasi CIMSA dan SCORA yang diharapkan kedepanya akan menjalin hubungan yang baik. SCORA Unissula juga memberikan bantuan berupa makanan kepada para penghuni rumah AIRA Semarang.

     

Kegiatan acara yang kedua adalah SCORA Unissula berkolaborasi dengan seluruh Organisasi/Komunitas peduli AIDS di kota Semarang. Acara ini diadakan tepat pada tanggal 1 Desember 2018 saat perayaan hari HIV/AIDS dunia. Rangkaian acara tersebut berupa berjalan  dan membagikan bunga kepada masyarakat dan memberi penyuluhan kepada masyarakat setempat, perjalanan ini dimulai dari Kampus Udinus ke jalan Imam Bonjol dan ke jalan Pemuda dan berakhir di Tugu Muda kota Semarang yang diakhiri dengan acara foto bersama.

Kegiatan acara yang ketiga adalah SCORA Unissula bekerja sama dengan beberapa pihak eksternal di kota Semarang, yaitu KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) kota Semarang, Rumah AIRA dan Transmart di kota Semarang. Acara ini diadakan pada tanggal 2 Desember 2018 di parkiran Transmart kota Semarang. Pada acara ini, pihak KPA mengundang beberapa komunitas seperti komunitas waria, dan HIV/Aids di kota semarang. Acara utamanya adalah diadakan Zumba party untuk menarik pada masyarakat. SCORA Unissula juga membuka booth tenda tensi dan penyuluhan kepada Masyarakat mengenai HIV/AIDS, dan Pihak KPA mengadakan pemeriksaan VCT test secara gratis.

Pada serangkaian acara yang sudah dilakukan SCORA CIMSA UNISSULA, diharapkan dapat mengurangi angka prevelensi dan menghilangkan Stigma buruk terhadap ODHA serta menambah wawasan mengenai HIV/AIDS pada masyarakat.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top