WAD - SCORA CIMSA UKDW

WAD - SCORA CIMSA UKDW

image

WAD

(World AIDS Day)

SCORA CIMSA UKDW

HIV-AIDS. Mungkin bagi sebagian orang yang mendengar kata tersebut terkesan ‘seram’ dan ‘bahaya’. Hampir seluruh masyarakat pun enggan membahas perihal tersebut karena masih dianggap sebagai hal yang tabu. Namun, tentu jawabannya tidak bagi mahasiswa kedokteran. Dalam rangka memperingati Hari AIDS se-dunia, member CIMSA UKDW khususnya SCORA mengadakan projek untuk memberikan edukasi dan sharing mengenai HIV/AIDS yang ada di kota Yogyakarta pada tanggal 7 Desember 2019.

     

Untuk projek ini, materi yang diambil adalah "Strike out HIV Stigma #staynegatHIVe". Projek ini dilakukan bersama dengan teman-teman ODHA dari Victory Plus. Acara yang diberi nama World Aids Day atau WAD ini dimulai pada pukul 10.00 WIB dan berlokasi di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) di ruang Biblos 3.3. Para mahasiswa kedokteran dan para member sudah ramai berdatangan mengisi ruangan. Sambutan-sambutan dari LORA, dilanjut dengan sambutan dari PO, dan pembicara yaitu oleh dr. Rian menandakan projek WAD telah dimulai. Setelah sambutan selesai, dilanjutkan dengan doa pembukaan oleh MC dari member SCORA. MC berbincang-bincang dengan para peserta lalu MC memandu pengisian pretest. Kemudian, masuk ke sesi yang penting yaitu pemaparan materi dari dr.Rian mengenai HIV/AIDS. Pemaparan materi yang komunikatif dan santai dapat dilihat dari perhatian para peserta.

Talkshow adalah agenda berikutnya setelah sesi materi. Perwakilan dari Victory Plus, Mba Magda, mulai bercerita tentang keseharian dirinya sebelum dan sesudah diindikasi terkena HIV. Mba Magda juga menuturkan bagaimana perasaaannya setelah mengetahui hasil kesehatan yang menyatakan dirinya telah mengidap HIV, bagaimana respon keluarga, teman, dan lingkungan kerjanya saat dahulu. Selesai mendengarkan kesaksian dari Mba Magda, salah satu teman dari Mba Magda juga menceritakan perihal dirinya bahwa ia bias memiliki anak dan anaknya telah dinyatakan negatif HIV. Setelah selesai talkshow, acara dilanjut dengan sesi tanya jawab. Beberapa peserta telah mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang terkait seputar isu-isu HIV/AIDS. Berakhirnya acara WAD, ditutup dengan kuis-kuis menarik dari para MC SCORA, pemberian hadiah-hadiah untuk kuis, serta bersalaman atau berpelukan dengan teman-teman ODHA dari Victory Plus sebagai bentuk untuk memutuskan adanya stigma di masyarakat. Seluruh panitia, peserta, teman-teman dari Victory Plus, dan dr.Rian mengadakan foto bersama.

Selama acara berlangsung maupun setelah acara WAD, diadakan tes VCT gratis bagi para peserta dengan bantuan kerjasama dari pihak Puskesmas Gondokusuman. Tes Voluntary Counseling and Testing (VCT) merupakan salah satu tes yang mudah didapatkan dan menunjukkan hasil deteksi dini apakah seseorang terinfeksi HIV atau tidak serta tes ini juga dapat mendeteksi apakah seseorang mengidap penyakit sifilis atau tidak. Tes VCT juga disertai bimbingan oleh dokter konsul dari Puskesmas Gondokusuman.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top