TRASHCARE - Community Development by SCORP CIMSA UNRI

TRASHCARE - Community Development by SCORP CIMSA UNRI

image

TRASHCARE

Community Development by SCORP CIMSA UNRI

 

Trash Care merupakan Community Development (COMDEV) dari SCORP CIMSA UNRI yang bergerak dibidang lingkungan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian member dan siswa-siswi SDN 71 Pekanbaru terhadap lingkungan. Harapannya kegiatan ini dapat membentuk para kader dan member menjadi agen peduli lingkungan yang dapat mengaplikasikan ilmunya di lingkungannya. Pada Selasa, 8 Mei 2018, telah dilaksanakan Trash Care Intervensi ke-2, di SDN 71 Pekanbaru dengan tema “We Care,We Share”. Pada kegiatan ini siswa-siswi SDN 71 Pekanbaru, diajarkan cara membuat pupuk kompos dengan mudah dan sederhana sehingga harapannya ilmu yang didapatkan dapat diaplikasikan oleh siswa-siswi SDN 71 Pekanbaru. Tidak hanya mengajarkan cara membuat pupuk kompos, kali ini siswa-siswi SDN 71 Pekanbaru membuat secara langsung pupuk kompos sesuai dengan cara yang telah diajarkan sebelumnya bersama para member CIMSA UNRI

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga 11.40 WIB. Rangkaian acara diikuti oleh seluruh anggota SCORP dan beberapa member CIMSA UNRI. Rangkaian acara dibuka oleh MC Innayah Tria Putri bersama Habiburrahman, dan dilanjutkan oleh penyampaian kata sambutan oleh PO Trash Care 2018 (Pivi Yordani Eka P), LOCO CIMSA UNRI (Rahmi Triana Putri), dan Kepala Sekolah SDN 71 Pekanbaru. Kemudian acara pembukaan ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Kevin Rovi Andhika agar kegiatan Trash Care intervensi 2 dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan banyak manfaat kepada adik-adik SDN 71 Pekanbaru. Kegiatan dilanjutkan dengan pre-test untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan pengetahuan siswa-siswi SDN 71 Pekanbaru mengenai pembuatan pupuk kompos, sebelum pemberian materi oleh para trainer CIMSA UNRI, yang disampaikan oleh Kintan Ayu Fannisa bersama Revinta Mozache Hardiman.

  

Di sela-sela penyampaian materi juga diadakan tanya jawab oleh para trainer kepada siswa-siswi SDN 71 Pekanbaru untuk menumbuhkan semangat partisipasi siswa-siswi SDN 71 Pekanbaru. Setelah penyampaian materi oleh trainer, juga diadakan post-test untuk menilai apakah materi yang disampaikan sudah dapat diterima dengan baik oleh  siswa-siswi SDN 71 Pekanbaru. Kemudian, setelah rangkaian acara dalam penyampaian materi di ruangan kelas oleh para trainner, siswa-siswi SDN 71 Pekanbaru bersama para fasil dari member CIMSA UNRI melakukan pembuatan pupuk kompos di lapangan SDN 71 Pekanbaru. Siswa-siswi melakukan pembuatan pupuk kompos setelah melihat demonstrasi yang dilakukan oleh para fasil. Setelah pembuatan pupuk kompos, para member CIMSA UNRI bersama siswa-siswi SDN 71 Pekanbaru juga bergotong-royong dalam membersihkan lingkungan yang telah digunakan dalam melakukan pembuatan pupuk kompos.

  

Selanjutnya acara juga diselingi dengan games yang diikuti beberapa member CIMSA UNRI dan siswa-siswi SDN 71 Pekanbaru. Rangkaian acara ditutup dengan foto bersama siswa-siswi SDN 71 Pekanbaru, pihak SDN 71 Pekanbaru bersama beberapa memberi CIMSA UNRI. Selama rangkaian acara berlangsung, terlihat antusias siswa-siswi SDN 71 Pekanbaru bersama para guru dalam mempelajari dan mengaplikasikan pembuatan pupuk kompos. Terlihat bahwa para peserta tidak bosan dan senang dalam mengikuti rangkaian acara Trash Care Intervensi 2.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top