TENDA PAGI SCOPH - SCOPH CIMSA UNS

TENDA PAGI SCOPH - SCOPH CIMSA UNS

image

Tenda Pagi SCOPH

SCOPH CIMSA UNS

Minggu lalu tepatnya pada 22 September 2019, SCOPH CIMSA FK UNS telah mengadakan Grand Opening dari event “Tenda Pagi SCOPH”. Event ini berlangsung di CFD Kota Surakarta berlokasi tepat di depan Sekutu Kopi. Dimulai dari pukul 07.00 WIB, event ini telah membuka stand bagi masyarakat yang igin melakukan pengecekan kesehatannya meliputi pemeriksaan GCU (Glucose-Cholesterol-Uric acid) dan tekanan darah.

Sebelumnya, yuk berkenalan lebih lanjut dengan Tenda Pagi SCOPH!

    

Tenda Pagi SCOPH merupakan wujud ranah kerja SCOPH pada bagian Health Promotion. Event ini turut mendukung program pemerintah dalam menyukseskan SGDs poin ketiga yakni “Good Health and Well Being”. Dalam event ini kami menyediakan pengecekan GCU yang meliputi Glucose, Cholesterol, dan Uric acid sehingga topik yang kami angkat dalam event ini terkait dengan Non Communicable Disease.

Tujuan dilaksanakannya event ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pola hidup agar lebih sehat, menambah wawasan masyarakat mengenai PTM (Penyakit Tidak Menular), dan menyediakan wadah bagi masyarakat untuk mengecek kesehatannya. Bagi member, sebagai mahasiswa fakultas kedokteran sendiri juga dapat melatih soft skills dalam berhubungan langsung dengan masyarakat serta dapat melatih member untuk menggunakan alat-alat kesehatan.

Event ini dilakukan dengan membuka stand di CFD Kota Surakarta untuk pengecekan kesehatan rutin yang meliputi gula darah, kolesterol, asam urat, dan tekanan darah. Selain itu, kami juga mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga pola hidup yang sehat sebagai usaha untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai penyakit tidak menular.

Kami menargetkan masyarakat yang berkunjung di CFD Kota Surakarta pada hari tersebut untuk melakukan pengecekan.

Sesuai dengan lokasi pelaksanaannya yakni di CFD Kota Surakarta, event ini hanya diadakan pada hari Minggu setiap periode. Pada periode mendatang, SCOPH CIMSA FK UNS akan melaksanakan agenda ini bersamaan dengan World Diabetes Day dan World No Tobacco Day.

Grand Opening TPS minggu lalu disambut baik oleh masyakarat dengan melihat animo masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan cukup banyak. Persiapan telah kami lakukan sebelum dan pada saat hari-H. Kami telah menyiapkan materi, sejumlah alat dan keperluan lainnya guna mendukung terselenggaranya acara ini.

Dimulai dari pukul 06.00 WIB kami telah mempersiapkan stand dan alat pemeriksaan. Kami juga telah membekali member dengan adanya booklet khusus mengenai pemeriksaan yang dilakukan yaitu pemeriksaan tensi, GCU dan IMT beserta dengan interpretasi dan edukasi yang tepat. Booklet tersebut digunakan sebagai bekal pengetahuan member yang dapat dipelajari kembali sebelum melakukan edukasi untuk menjelaskan mengenai pola hidup sehat maupun terkait dengan hasil pemeriksaan. Setelah ditutup pada pukul 09.00 WIB didapatkan total pengunjung berdasarkan data yang tercatat adalah sebanyak 19 orang dengan rentang usia 27-60 tahun dengan jumlah pengunjung wanita sebanyak 7 orang dan pengunjung laki-laki sebanyak 12 orang. Diantara pengunjungnya juga ada yang menderita hipertensi dan kadar gula darah tinggi yang telah di edukasi oleh member kami!

Wah banyak banget kan manfaat yang bisa didapat dari aktivitas ini?

Karena aktivitas ini dapat membantu menebar manfaat tidak hanya bagi member SCOPH CIMSA UNS untuk mengasah kemampuannya saja tetapi juga dengan membantu meningkatkan awareness masyarakat tentang kesehatan

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top