SPRING - SCOPH CIMSA UNAND

SPRING - SCOPH CIMSA UNAND

image

SPRING

SCOPH CIMSA UNAND

SPRING (Spirit of Social Care to Improve the Number of Great Things) merupakan sebuah aktivitas pengabdian masyarakat berupa Sirkumsisi Massal yang diadakan oleh SCOPH CIMSA-BEM KM FK UNAND di Puskesmas Kelurahan Padang Karambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. SPRING pada tahun ini memiliki tema yaitu Mangabdi dan Paduli Mewujudkan Generasi Sehat Nan Babudi. Menurut BKKBN dengan dilakukannya tindakan membuang kulit atau preputium (sirkumsisi) maka risiko terkena infeksi dan penyakit kelamin menjadi lebih kecil. Secara tidak langsung sirkumsisi (sunat) juga merupakan upaya pencegahan penularan HIV dan AIDS (Purnomo, 2003) Di Indonesia, usia rata-rata dilakukannya sirkumsisi adalah usia 5-18 tahun (WHO,2007). Banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya kanker penis, seperti pria yang belum disirkumsisi, merokok, faktor usia dan infeksi HPV. Pria yang tidak di sirkumsisi saat lahir memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker penis. (American Cancer Society).

SPRING terdiri dari 2 rangkaian kegiatan, yaitu Training Member dan Sirkumsisi Massal. Training Member memiliki 3 rangkaian Training yaitu; Training pengenalan sirkumsisi massal dan pengenalan alat dan bahan yang digunakan dalam sirkumsisi massal. Training ini diberikan oleh alumni SCOPH yaitu Kak Nashiha Alsakinah S.Ked dan member senior 2014  pada tanggal 23 November 2018 di Gedung S2 Kebidanan FK UNAND. Training yang ke 2 adalah adalah review Training sebelumnya dan penyampaian teknis untuk pelaksanaan Sirkumsisi Massal nantinya di S2 Kebidanan pada tanggal 30 November 2018. Untuk Training ke 3 mengenai teknik sirkumsisi, pelatihan dengan media video, dan simulasi dengan alat peraga oleh dokter-dokter residen bedah; dr. Muhammad Iqbal, dr. Rama Haruta dari RSUP Dr. M. Djamil Padang pada tanggal 16 Desember 2018 di Aula Bagian Bedah RSUP M. Djamil. Ketiga rangkaian Training ini bertujuan agar member lebih siap secara ilmu dan skill untuk melakukan Sirkumsisi Massal nantinya.

     

Sirkumsisi Massal sendiri diadakan tanggal 23 Desember 2018 di Puskesmas Padang Karambia dan bekerja sama dengan Walikota Payakumbuh, Dinas Kesehatan Payakumbuh, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat ,dan Puskesmas Padang Karambia. Acara ini diawali dengan registrasi dan anamnesis serta pemeriksaan fisik peserta yang akan disirkumsisi. Setelah registrasi dan anamnesis serta pemeriksaan fisik, acara dilanjutkan dengan acara pembukaan yang dibuka langsung oleh Wakil Walikota Payakumbuh serta pembukaan secara simbolis dengan pemberian bingkisan berupa sarung dan alat tulis kepada peserta sirkumsisi. Setelah acara pembukaan, acara langsung dilanjutkan dengan acara inti yaitu Sirkumsisi Massal gratis.

     

SPRING kali ini membuka 10 bed operasi yang disupervisi langsung oleh dokter-dokter residen bedah. Member bertindak sebagai Operator, Co-Operator, dan Runner dalam tindakan operasi ini. Setelah peserta berhasil disirkumsisi, peserta dibawa ke ruang observasi untuk dilakukan observasi post-sirkumsisi selama 30 menit. Di ruang ini peserta diberi bingkisan dan orang tua yang mendampingi diberikan obat dan leaflet yang menjelaskan perawatan luka post-sirkumsisi dan nutrisi. Orang tua juga dijelaskan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perawatan luka dan pemahaman terkait tidak adanya pantangan terhadap makanan serta follow up ke Puskesmas apabila terjadi sesuatu. Acara ini berlangsung sukses dan diharapkan dapat meningkatkan kesehatan reproduksi anak laki-laki di Kecamatan Payakumbuh Selatan.  

     

SPRING SCOPH CIMSA UNAND; Spirit of Social Care to Improve the Number of Great Things!!! Orange Hug!!

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top