SOTOY - SCORA CIMSA UNIMAL

SOTOY - SCORA CIMSA UNIMAL

image

SOTOY

(SCORA Talk On Youtube)

SCORA CIMSA UNIMAL

SOTOY (SCORA Talk On Youtube) merupakan salah satu kegiatan dari SCORA CIMSA Unimal. SOTOY merupakan suatu kegiatan berupa edukasi, yang berguna untuk membantu masyarakat mengenal hal – hal yang masih tabu (ranah kerja SCORA), serta untuk mengenalkan kepada masyarakat luas apa itu SCORA CIMSA, siapa itu SCORA CIMSA, dan apa kontribusinya bagi masyarakat Indonesia. Dalam penyampaiannya kepada masyarakat, SCORA CIMSA tidak langsung melakukannya secara oral dan langsung, namun secara tidak langsung melalui video – video yang dapat disaksikan di Youtube. Hal ini merupakan inovasi yang baik dan hal yang baru untuk perkembangan SCORA CIMSA Unimal. SCORA CIMSA Unimal memilih Youtube sebagai sumber penyebaran ranah kerja kami. Mengapa? Karena pada masa sekarang ini, semua masyarakat dapat belajar dari mana saja, terutama dari internet. Dan salah satu bagian internet yang paling diminati dan sering dilihat masyarakat adalah Youtube. Diharapkan melalui pemilihan Youtube sebagai sumber penyebarannya, SCORA CIMSA Unimal dan ranah kerjanya dapat semakin dikenal dan menarik bagi masyarakat luas.

     

Sebagai episode pertama dari SOTOY, SCORA CIMSA Unimal memutuskan untuk membuat video yang berjudul ‘Introduction’ terlebih dahulu. Mengapa begitu? Sebab SCORA CIMSA Unimal ingin masyarakat mengenal mereka terlebih dahulu, sehingga dapat lebih asyik dan tertarik saat menonton episode – episode berikutnya yang lebih bersifat edukatif, seperti pelecehan seksual, kesetaraan gender, dan penyakit menular seksual. Pengambilan gambar untuk episode pertama ini diambil pada 15 September 2018 di Waduk Jeulikat.

Pengambilan gambar tersebut dilakukan bersamaan dengan kegiatan bonding SCORA CIMSA Unimal. Sehingga dalam pelaksanaannya, para member bebas sharing dan berkeliling di Waduk Jeulikat tanpa harus merasa sedang melaksanakan kegiatan atau sedang menyicil pekerjaan. Kemudian, setelah selesai melakukan pengambilan gambar, gambar – gambar tersebut pun dimasukkan ke laptop, mulai disatukan, dan siap untuk diedit.

     

Saat proses editing, para editor melalui cukup banyak hambatan. Mengingat para editor tetaplah mahasiswa yang memiliki kewajibannya masing – masing, serta merupakan bagian dari CIMSA yang juga memiliki kewajibannya masing – masing. Timeline/deadline yang masih kurang ditegaskan juga menyebabkan kegiatan editing menjadi cukup molor dalam prosesnya. Hal ini menyebabkan proses peng-upload-an episode pertama ke Youtube baru dapat dilakukan pada tanggal 2 Maret 2019. Dari percobaan episode pertama ini, SCORA CIMSA Unimal sudah dapat mengambil beberapa pelajaran untuk episode berikutnya, seperti pengadaan timeline yang lebih teratur dan terarah. Untuk episode – episode berikutnya, SCORA CIMSA Unimal juga diharapkan dapat membuat modul yang berisi hal – hal yang akan dibicarakan di tiap episodenya, seperti kesetaraan gender, pelecehan seksual, dan penyakit menular seksual, serta hal – hal lain yang menyangkut ranah kerja SCORA CIMSA dan dapat dijadikan sebagai topik pembahasan. Diharapkan melalui SOTOY, SCORA CIMSA Unimal dapat lebih dikenal masyarakat dan masyarakat dapat mengambil manfaat dari video – video SOTOY.

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top