SEPEDA - SCORA CIMSA UIN SH

SEPEDA - SCORA CIMSA UIN SH

image

SEPEDA

SCORA CIMSA UIN SH

Untuk melanjutkan kegiatan dari SEPEDA (Semangat Tingkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Dasar) yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan remaja mengenai kesehatan reproduksi dengan latar belakang masih tinginya angka kejadian remaja yang memiliki masalah kesehatan reproduksi, SCORA CIMSA FK UIN SH mengadakan intervensi kedua dari SEPEDA.
Setelah melihat hasil dari assessement primer yang dilakukan oleh SCORA CIMSA FK UIN SH, didapatkan tingginya angka siswa-siswi di MTs Khazanah Kebajikan yang sudah atau sedang melakukan hubungan berpacaran, oleh karena itu pada intervensi 2 ini kami mengambil fokus mengenai baiknya menjaga relasi antar sesama di masa remaja, materi diberikan oleh 2 narasumber PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia).

Kegiatan intervensi 2 ini dilaksanakan pada Sabtu, 10 November 2018 bertempat di MTs Khazanah Kebajikan. Acara dimulai pada pukul 08:00 WIB dengan pembagian 2 kelas, kelas pertama untuk laki-laki dan kelas kedua untuk perempuan, di setiap kelas kami membagi kembali siswa siswi menjadi beberapa kelompok yang setiap kelompoknya didampingi oleh member SCORA. kelompok-kelompok tersebut bertujuan untuk meningkatkan bonding antar siswa dengan member SCORA, pada saat sesi kelompok ini kami melakukan berbagai games yang seru sekalian berkenalan dengan siswa siswi MTs Khazanah Kebajikan tersebut dan juga kami mereview kembali materi yang telah diberikan oleh dr. Nurmila, M.Kes pada Intervensi 1 yang lalu, tampak siswa siswi MTs tersebut masih mengingat apa yang telah diajarkan.

Kemudian acara dilanjutkan pada pukul 09:30 WIB dengan penyampaian materi oleh Ibu Novie Juanita dan Ibu Adhityas Putri Utami selaku pembicara dari PKBI mengenai relasi yang baik pada remaja, seperti jenis-jenis relasi yaitu sahabat maupun pacaran, dan juga dijelaskan mengenai bentuk-bentuk perilaku seksual yang sering dilakukan pada saat berhubungan dan dampaknya. Terlihat siswa-siswi yang mengikuti acara sangat antusias dan sering memberikan pertanyaan.

Selain penyampaian materi mengenai relasi, siswa-siswi MTs Khazanah Kebajikan juga melakukan diskusi dengan metode Forum Group mengenai mitos fakta seputar kesehatan reproduksi seperti contoh “melakukan hubungan seksual 1 kali tidak bikin hamil”, setelah setiap kelompok mendiskusikan maka diutuskan perwakilan dari kelompok untuk membacakan hasil diskusinya. Dilanjutkan dengan games mitos fakta dimana disediakan kertas bertuliskan “mitos” dan “fakta”, jika menurut mereka pernyataan yang diberikan merupakan mitos maka mereka menginjak tulisan “mitos”, setelah itu dilengkapi dengan penjelasan jawaban dari mitos fakta yang benar dan juga beserta penjelasan yang cukup mendalam.

Kegiatan diakhiri dengan memberikan kesempatan kepada beberapa siswa siswi untuk menyimpulkan apa yang sudah didapat. Dan memberikan hadiah kepada yang aktif sepanjang kegiatan. Diharapkan dengan telah dilaksanakannya kegiatan intervensi 2 SEPEDA ini siswa siswi MTs Khazanah Kebajikan paham betul mengenai kesehatan reproduksi dan terhindari dari dampak buruk yang dapat dialami.

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top