SEMANGKA - CIMSA FK YARSI

SEMANGKA - CIMSA FK YARSI

image

SEMANGKA

(Semangat Melawan Darah Tinggi di Kampung Kapitan)

CIMSA FK YARSI

Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan salah satu penyakit yang menganggu masyarakat, karena sebagian besar orang tidak menyadari bahwa dirinya sedang menderita hipertensi. Terdapat beberapa faktor resiko terjadinya hipertensi, diantaranya usia, jenis kelamin, keturunan, obesitas, konsumsi garam berlebih, merokok, konsumsi alkohol, dan kurangnya olahraga. Menurut Giriwijoyo (2005) olahraga adalah serangkaian suatu gerakan raga yang teratur dan terencana yang dapat dilakukan orang dengan sadar untuk meningkatkan kemampuan fungsionalnya. Bagi penderita hipertensi, olahraga dapat membantu kerja obat menjadi lebih efektif. Olahraga juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan dan efisiensi jantung. Untuk itu diperlukannya olahraga yang teratur untuk menjaga dan mengendalikan tekanan darah.

Maka dari itu COMDEV CIMSA FK YARSI mengadakan acara Semangat Melawan Darah Tinggi di Kampung Kapitan (SEMANGKA) yang dilaksanakan di lingkungan RT 15 Kampung Kapitan. Pada assessment primer sebelumnya didapatkan banyaknya warga di RT 15 Kampung Kapitan yang terkena hipertensi maupun memiliki riwayat hipertensi dan penyakit jantung. Pada intervensi 1, telah dilaksanakan pengedukasian mengenai hipertensi itu sendiri, dan pada intervensi 2 dilakukan pemberian materi mengenai makanan sehat dan diadakannya lomba menghias makanan. Pada intervensi 3 yang merupakan kegiatan intervensi terakhir ini, diadakan senam bersama peserta dan panitia untuk hipertensi serta pengedukasian mengenai penangangan hipertensi dengan pola olahraga yang baik. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 September 2019.

     

Pada pukul 07.00 WIB panitia mulai berkumpul dan segera menuju tempat kegiatan. Setibanya di tempat kegiatan dilakukan persiapan acara oleh semua panitia. Sembari menunggu kehadiran seluruh peserta dilakukan pemeriksaan kesehatan berupa tekanan darah, berat badan, tinggi badan, dan pemeriksaan kolesterol. Selain itu, peserta yang masih menunggu antrian pemeriksaan kesehatan melakukan pengisian kuesioner yang didampingi oleh panitia. Pukul 09.30 acara dimulai dengan sambutan dari CDC sekaligus PO kegiatan ini yaitu Shilah Aulia, setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Putri Azzahra Nur Azrina selaku Local Coordinator CIMSA FK YARSI.

Kemudian dilanjutkan dengan materi penanganan hipertensi dengan pola olahraga yang baik. Materi ini disampaikan oleh dr. Diniwati Mukhtar, M.Kes, AIFM. Sebelum pemberian materi dilakukan pre-test terlebih dahulu. Peserta kegiatan sangat antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan dan aktif bertanya selama kegiatan presentasi. Pemberian materi ditutup dengan post-test dan foto bersama pembicara. Setelah itu, seluruh peserta dan panitia mengikuti senam bersama yang dipimpin oleh pelatih senam.

    

Setelah kegiatan senam, diumumkan peserta yang meraih hasil pre-test, post-test, dan kuesioner terbaik, yaitu Ibu Sri Winarni diperingkat pertama, Bapak Mukhlisin diperingkat kedua, dan Ibu Saminah di peringkat ketiga. Pemberian hadiah kepada ketiga peraih nilai terbaik dilakukan oleh Shilah Aulia selaku PO dan Siti Aisyah selaku VPO. Kemudian dilakukan foto bersama para peraih hasil terbaik, serta ditutup dengan foto bersama panitia dan peseta kegiatan.

Dengan berakhirnya acara ini, semoga segala rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan mulai dari assessment, bonding, intervensi 1, intervensi 2, dan intervensi 3 dapat bermanfaat bagi warga di RT 15 Kampung Kapitan, sehingga warga dapat menjadi lebih peduli dalam menangani dan mencegah penyakit hipertensi serta dapat mengaplikasikannya secara mandiri.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top