PROTECT - SCOPH & SCORA CIMSA Universitas Gadjah Mada

PROTECT - SCOPH & SCORA CIMSA Universitas Gadjah Mada

image
Pada 4 April 2015 lalu CIMSA UGM mengadakan proyek yang bernama PROTECT atau Pink Ribbon for a Better Community 2015 di SMAN 2 Yogyakarta. Proyek ini adalah proyek Trans-SCO antara SCOPH dan SCORA CIMSA UGM.
 
Breast Cancer atau Kanker Payudara merupakan jenis kanker yang umum menyerang wanita, terutama wanita diatas 50 tahun, tetapi wanita dibawah 50 tahun bahkan pria juga berisiko untuk terkena kanker payudara ini. Kanker Payudara merupakan kanker penyebab kematian kedua setelah kanker rahim dan angka harapan hidup untuk wanita dibawah 50 tahun lebih rendah dibandingkan wanita diatas 50 tahun.
Kanker payudara memiliki angka prevalensi yang paling tinggi pada wanita, dibandingkan penyakit kanker lainnya. Penelitian Ferlay dkk. Menunjukkan angka kasus kanker payudara di Asia Tenggara pada tahun 1994 mencapai 55.097 dengan angka kematian hingga 24.961 kasus. Di Semarang sendiri pada tahun 2005 terjadi 769 kasus kanker payudara.
DI Yogyakarta merupakan provinsi dengan prevalensi kanker tertinggi di Indonesia. Oleh karena itu, CIMSA UGM sebagai mahasiswa kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta berniat untuk mengurangi angka-angka tersebut dengan cara edukasi atau penyuluhan ke siswa-siswa SMA di Yogyakarta.
 
Tujuan umum dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi remaja tentang kanker payudara, faktor risiko, tanda-tanda, gejala, dan pencegahannya sertanmenekankan pentingnya pengetahuan dan deteksi dini dari kanker payudara.
2
PROTECT 2015 diadakan dalam bentuk talkshow yang diisi oleh dokter dan survivor dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan pameran yang berbentuk pos-pos mengenai informasi-informasi kanker payudara serta senam sadari. Selain itu ada pula flash mob yang ditampilkan oleh panitia sebagai bagian dari penutup acara.
Meskipun memiliki beberapa kendala dalam persiapan maupun pelaksanaan acara, pada akhirnya acara berjalan lancar dan sukses. Kesuksesan acara ini dibuktikan dengan peserta yang melebihi target awal yaitu 50 peserta dan meningkatnya pengetahuan para peserta yang diuji melalui Pre-Test dan Post-Test. Selain itu adanya positive feedback dari peserta yang mengikuti rangkaian acara juga menjadi salah satu indikator keberhasilan acara ini.
3
PROTECT atau Pink Ribbon for A Better Community ini diharapkan dapat menjadi proyek yang bersifat keberlanjutan untuk tahun-tahun kedepannya dan dapat menjadi proyek yang lebih baik dari proyek tahun-tahun sebelumnya.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top