PROPER - SCOME CIMSA UKDW

PROPER - SCOME CIMSA UKDW

image

PROPER

SCOME CIMSA UKDW

PROPER merupakan project yang diadakan oleh cimsa ukdw dalam 2 tahun terakhir. Tahun 2018 SCOME CIMSA UKDW mengadakan PROPER  yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tambahan pada member CIMSA UKDW mengenai materi tentang kesehatan. Materi yang disampaikan oleh pakarnya tersebut akan menjadi bekal bagi para member saat melakukan bonding COMDEV SCO yang dijalani  tahun lalu. Tahun 2019 PROPER memiliki tema yang berbeda dengan tahun lalu dimana membahas tentang persebaran dokter di Indonesia. Persebaran dokter yang belum merata menjadi salah satu masalah di Indonesia. Saat ini, tenaga kesehatan khususnya dokter lebih terpusat di daerah perkotaan seperti Jakarta dan sekitar pulau jawa  sedangkan di daerah terpencil sangat jarang tenaga kesehatan disana. Hal itu bisa disebabkan kurangnya promosi daerah –daerah yang belum diketahui banyak orang dan keberadaan fasilitas yang memadai di   kota lebih membuat tenaga kesehatn memilih area perkotaan sebagai tempatnya untuk bekerja.

Proper tahun ini bekerja sama dengan MSF (Médecins Sans Frontières,) atau sering disebut dengan dokter perbatasan merupakan suatu organisasi independen dimana tidak hanya dokter yang bekerja disana tetapi semua disiplin ilmu seperti mekanik, perawat, apoteker, dan lainnya bergabung untuk menyalurkan kemampuannya dan membantu daerah-daerah yang mengalami bencana, konflik dan daerah-daerah perbatasan. Hal ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa kedokteran untuk lebih mengerti lagi akan pentingnya pemerataan tenaga kesehatan di Indonesia sehingga dapat tercapai kualitas kesehatan yang lebih baik dan merata di seluruh tanah air.

     

Kegiatan ini diadakan pada hari Minggu, 23 Februari 2019 bertempat di Gedung Biblos Universitas Kristen Duta Wacana ruang B. 3.4 dimulai sejak pukul 14.00 hingga 17.00 WIB. Diawali dengan pembukaan, kata sambutan dan penerangan materi oleh pembicara.

Materi dalam PROPER kali ini dibawakan oleh dr Sartini Sarman. Beliau  bersama seorang rekan jurnalis merupakan anggota MSF Hongkong yang berasal dari Indonesia datang ke UKDW untuk menyampaikan materi. dr Sartini Sarman dan memiliki banyak sekali pengalaman bekerja pada daerah pedalaman baik didalam maupun luar negeri. dr Sartini Sarman menjelaskan mengenai apa itu MSF, bagaimana cara mereka bekerja di daerah terpencil, dan apa suka maupun dukanya selama bekerja disana. Ternyata pengalaman dan materi yang dibagikan beliau mendapat respon positif dari para peserta dilihat dengan banyaknya peserta yang bertanya mengenai materi yang disampaikan dan keaktifan dari setiap peserta dalam mengikuti talkshow ini.

Diharapkan kedepannya PROPER dapat terus lagi memberikan tema dan materi yang lebih menarik dan inovatif agar lebih banyak lagi mahasiswa kedokteran yang tertarik dan meluaskan pengetahuannya mengenai kesehatan dan bidang-bidang lain yang ada disekitarnya. Hal itu juga akan memberikan dampak positif pada kualitas dari kesehatan dimasa yang akan datang. Kedepannya juga diharapkan CIMSA mampu memberikan suara untuk persebaran dokter di Indonesia lebih merata dan kualitas kesehatan di Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top