PREDICTION - DOPH MSCIA UB

PREDICTION - DOPH MSCIA UB

image

PREDICTION

(Prevent Diabetes with Action)

DOPH MSCIA UB

PREDICTION atau Prevent Diabetes with Action adalah salah satu project yang dimiliki oleh SCOPH MSCIA UB yang dilaksanakan sekaligus untuk memperingati World Diabetes Day. Tahun ini merupakan tahun keempat PREDICTION diselenggarakan. PREDICTION sendiri mempunyai 4 hari rangkaian yang dilaksanakan dalam rentang waktu dari bulan September hingga November 2019.

Day 1 PREDICTION dilaksanakan pada tanggal 16 September 2019 bertempat di Ruang Biomedik lantai 2 FK UB. Pada Day 1 ini kami melakukan TOT atau Training of Trainer untuk 70 volunteer, dimana para volunteer akan mendapatkan materi mengenai komunikasi dan diabetes beserta komplikasinya terutama diabetic foot. Selain materi, volunteer juga bisa langsung praktik ketika sesi SWG dimana mereka kami mengajarkan cara TTV, bagaimana cara memeriksa kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol, menghitung BMI, Anamnesa Pasien dan juga cara screening diabetic foot. Untuk menunjang acara ini, kami disupport oleh Ingenio, Persadia, dan Pedis Care Malang. Kami juga mendapat bantuan dari Le Minerale untuk sponsornya.

      

Setelah volunteer kami bekali dengan skill yang cukup, mereka langsung terjun ke masyarakat di Desa Rampal Celaket Malang di rangkaian Day 2 yang dilaksanakan pada tanggal 30 September 2019 di Kantor Minvetcad V/13, Rampal Celaket. Pada kesempatan ini, acara kami buka dengan senam bersama kader dan warga Rampal Celaket, kemudian dilanjutkan dengan melakukan pemeriksaan gratis (TTV, BMI, cek kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol) serta adanya bilik edukasi dan dokter bagi warga yang membutuhkan konsultasi dengan dokter profesional. Sebanyak 103 Masyarakat datang untuk melakukan pemeriksaan gratis. Tak hanya di Kantor Minvetcad, kami juga berkeliling desa Rampal Celaket untuk memberikan pelayanan pemeriksaan gratis serta edukasi mengenai diabetes ke rumah-rumah warga sekitar. Respons dari warga sangat antusias dengan kegiatan kami dan berharap kegiatan ini terus dilanjutkan. Begitu juga dengan volunteer yang sangat senang karena dapat langsung berinteraksi dengan masyarakat di sana.

Rangkaian kegiatan kami lanjutkan pada Day 3 yang dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2019 bertempat di tempat yang sama, yaitu di Kantor Minvetcad V/13, Rampal Celaket. Pada Day 3 ini, acara kami buka dengan senam diabetes bersama dengan kader dan warga Rampal Celaket. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi kepada warga Rampal Celaket mengenai diabetes dan komplikasinya serta membuat SWG bersama dengan volunteer, dimana para volunteer akan mengajari warga mengenai cara melakukan TTV, memeriksa kadar gula darah mandiri, dan juga screening diabetic foot. Selain itu kami juga mengadakan lomba yel-yel untu para volunteer dan pemenang dari lomba yel-yel nya akan kami gunakan pada saat long march di Day 4 atau selebrasi WDD nanti. Para volunteer terlihat sangat antusias dan kompetitif dalam perlombaan ini.

     

Diantara Day 3 dan 4 kami juga melakukan penyiaran radio mengenai diabetes dan PREDICTION di Kalimaya Baskhara pada tanggal 13 November 2019. Yang juga melakukan penyiaran News of Medical Education (NOME) dari DOME mengenai Diabetes.

Day 4 merupakan rangkaian terakhir dalam PREDICTION sekaligus menjadi selebrasi untuk hari diabetes sedunia. Day 4 dilaksanakan pada tanggal 18 November 2019 dan bertempat di CFD Ijen Malang. Seperti biasa, acara kami buka dengan senam diabetes bersama dengan kader, volunteer, serta warga Malang yang berada di CFD Ijen, kemudian dilanjutkan dengan selebrasi WDD dengan pelepasan balon dan pembentukan logo WDD dengan kertas asturo biru. Pada Day 4 ini kami membuka tenda sehat untuk pemeriksaan kesehatan gratis serta konsultasi dengan dokter profesional. Selain itu kami juga melakukan PMC untuk assessment mengenai diabetes ini. Bersamaan dengan pemeriksaan gratis, kami menggelar lomba meracik makanan yang baik untuk penderita diabetes, untuk ini kami bekerjasama dengan Persagi. Selain itu, kami juga melakukan long march serta ground campaign untuk meningkatkan awareness warga Malang mengenai diabetes. Untuk lebih menarik perhatian warga, kami juga menyediakan photobooth WDD 2019 untuk membantu menyebarkan campaign via sosial media mereka pribadi. Pada Day 4 ini kami juga bekerjasama dengan Radar Malang untuk media partnership.

Dengan diadakannya PREDICTION ini kami berharap warga kota Malang lebih aware terhadap diabetes dan selalu menjaga pola makan dengan baik. Selain itu, semoga volunteer kami yang terdiri dari mahasiswa kedokteran mendapatkan pengetahuan lebih mengenai diabetes, sesuai dengan tagline CIMSA yakni Empowering Medical Students, Improving Nation's Health.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top