POKEMON - CIMSA UNEJ

POKEMON - CIMSA UNEJ

image

POKEMON

(Program for Kids through Education and Management on Nutrition)

CIMSA UNEJ

Program for Kids through Education and Management on Nutrition (POKEMON) merupakan salah satu kegiatan dari Community Development CIMSA UNEJ. POKEMON sendiri telah dilaksanakan sejak 2016 dan menjadi kegiatan yang berkelanjutan yang dilaksanakan CIMSA UNEJ setiap bulannya. POKEMON memiliki tujuan untuk meningkatkan status gizi siswa-siswi di SDN Karangrejo V, Sumbersari, Jember, Jawa Timur. Hal ini dikarenakan siswa-siswi SDN Karangrejo V cenderung memiliki status gizi antara baik hingga kurang (80%). Hal ini dapat dilihat dari postur tubuh siswa-siswi yang kebanyakan kurus dan pendek. Tetapi untuk saat ini siswa yang memiliki status gizi lebih bertambah jumlahnya di SDN Karangrejo V daripada pertemuan POKEMON sebelumnya. Kegiatan yang dilakukan saat pelaksanaan POKEMON adalah memberikan materi yang berkaitan dengan makanan sehat serta pola hidup sehat kepada seluruh siswa. Setelah pemberian materi dilanjutkan dengan games yang berhubungan dengan materi agar seluruh siswa dapat me-review materi dengan cara yang menyenangkan dan tidak lupa adanya berbagai doorprize permen dan snack sehat yang membuat siswa-siswi lebih aktif saat pelaksanaan kegiatan.

     

Pada hari Sabtu, 26 Oktober 2019 POKEMON melaksanakan kegiatan intervensi dengan memberikan pembinaan kepada  siswa-siswi di SDN Karangrejo V dari kelas 1 sampai kelas 5 oleh CIMSA UNEJ dan juga dibantu oleh Dokter Kecil. Adik-adik dari setiap kelas terlihat sangat antusias dan bersemangat mengikuti serangkaian pembinaan dari kami. Pada awal kegiatan, kami melakukan senam bersama dengan siswa-siswi dan guru-guru SDN Karangrejo V. Senam yang dilakukan terdiri dari senam yang dipimpin oleh guru olahraga SDN Karangrejo V bersama dengan beberapa adik-adik SDN Karangrejo V dan senam pinguin yang dipimpin oleh OC POKEMON.   Selanjutnya untuk kelas 1, 2, dan 3 dilakukan pemberian materi sarapan sehat dan PHBS yang dalam penyampaian materi ini akan disampaikan oleh Dokter kecil dan didampingi oleh OC POKEMON. Setelah mendapatkan materi, dilakukan kuis atau tebak-tebakan untuk mengetahui seberapa pemahaman dari adik-adik dan diakhir pemberian materi diberikan stiker POKEMON. Sedangkan untuk kelas 4, 5, dan 6 dilakukan games di luar kelas. Jadi setiap kelas dibagi tiga kelompok kemudian berkumpul di lapangan, dan diarahkan ke pos masing-masing. Terdapat tiga pos game dengan permainan yang berbeda dan seru. Games yang diakukan terdiri dari games ular tangga, mengeja bersama, dan headquiz serta tidak lupa  diakhir games adik-adik SDN Karangrejo V  diberikan  stiker POKEMON sebagai apresiasi sudah dapat melewati setiap posnya. Dipenghujung acara dilakukan penyerahan kenang-kenangan kepada kepala sekolah SDN Karangrejo V oleh Wira Dwiputra selaku LOCO CIMSA UNEJ dan acara hiburan yaitu penampilan dari OC POKEMON.

Semoga dengan dilakukannya kegiatan ini , adik-adik SDN karangrejo V dapat berbagi ilmu dan tentunya dapat menjadi peer-educator yang baik untuk teman-temannya, keluarga, saudara, dan juga bisa membantu mewujudkan Indonesia yang sehat, Terimakasih CIMSA!

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top