PINK CREDIBLE - SCORA CIMSA UMP

PINK CREDIBLE - SCORA CIMSA UMP

image

PINK CREDIBLE

(Prevent First for Cervix Cancer and Breast Cancer)

SCORA CIMSA UMP

Setiap bulan Oktober diperingati BCAM (Breast Cancer Awareness Month) dan SCORA CIMSA UMP mengadakan serangkaian acara untuk memperingati bulan peringatan Breast Cancer yakni Pink Credible: Prevent First for Cervix Cancer and Breast Cancer. BCAM X Pink Credible ini mengusung key messages “give ears, not tears” dengan harapan masyarakat dapat menjadi pendengar yang baik untuk penyitas Kanker Payudara.

Sebelum acara, dari ketua acara project Dhimas Adilatif dan Aniar Sabrina mempromosikan rangkaian acara yang akan dilakukan pada salah satu stasiun Radio UMP yaitu Gradiosta 97.4 FM. Dengan harapan promosi di satsiun radio ini agar pendengar bisa mengikuti apa yang dibahas dan dapat mengikuti ground campaign yang merupakan acara dari BCAM X Pink Credible.

     

Rangkaian dari acara yang pertama adalah Ground Campaign di depan Gedung Rektorat serta edukasi mengenai cara deteksi dini Kanker Payudara dan Kanker Serviks guna meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai campaign yang telah disebarkan oleh Pemerintah mengenai SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dan SADANIS (Periksa Payudara Klinis). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2019 dan diikuti oleh 40 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Dengan panitianya sebagai pemberi edukasi mengenai Kanker Payudara dan Kanker Serviks serta SADARI dan SADANIS.

Sebelum edukasi, kami mengambil assessment berupa pre test untuk mengetahui seberapa banyak pengetahuan mahasiswa mengenai Kanker Payudara dan Kanker Serviks serta SADARI dan SADANIS. Selain edukasi kami juga membahas mengenai Fact&Myth seputar Kanker Payudara yang beredar di masyarakat. Setelah edukasi kami mengambil hasil post test untuk mengetahui seberapa paham setelah dilakukan edukasi. Dan mahasiswa yang ingin cek tensi gratis atau ingin foto di depan banner yang sudah dipersiapkan panitia.

     

Rangkaian yang kedua adalah Ground Campaign di Gor Satria pada hari Minggu, 6 Oktober 2019. Kami mengambil waktu dan tempat dimana masyarakat Purwokerto sedang mengadakan Car Free Day. Untuk rangkaian acaranya tidak berbeda jauh dengan hari pertama namun untuk target nya adalah masyarakat sekitar Purwokerto dengan berbagai latar belakang usia ada dari siswa/siswi SMA sampai ibu-ibu dan bapak-bapak adalah target kami. 

Kegiatan ini selain bermanfaat bagi mahasiswa/i dan masyarakat, juga bermanfaat untuk member-member SCORA CIMSA UMP untuk berbagi ilmu dan edukasi mengenai Kanker Payudara dan Kanker Serviks serta SADARI dan SADANIS sebagai upaya deteksi dini. Mengapa di setiap rangkaian kegiatan selalu disampaikan materi SADARI? Hal in juga yang sangat penting untuk disebarluaskan karena memang mudah untuk dilakukan dirumah juga mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain itu, kegiatan ini juga bermanfaat untuk melatih kemampuan public speaking member-member SCORA CIMSA UMP kepada masyarakat dan memperkenalkan CIMSA UMP terutama SCORA yang membawahi isu-isu mengenai Kesehatan Reproduksi dan Kesehatan Seksual.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top