MAMA - SCORA CIMSA UNEJ

MAMA - SCORA CIMSA UNEJ

image

MAMA : Maternal Acquaintance for Mom’s Awareness

SCORA CIMSA UNEJ

 

Angka kematian Ibu (AKI) merupakan jumlah kematian ibu akibat komplikasi kehamilan, persalinan, dan masa nifas yang dicatat dalam kurun waktu satu tahun per 1000 kelahiran hidup pada waktu yang sama. Jember sendiri telah menyandang gelar sebagai pemegang tertinggi nomor satu AKI di Jawa Timur. Berdasarkan fakta tersebut, digagaslah MAMA atau Maternal Acquaintance for Mom’s Awareness oleh SCORA CIMSA UNEJ dengan tujuan menurunkan AKI di Kabupaten Jember.

Kematian ibu sebenarnya dapat dicegah, salah satunya dengan rutin memeriksakan kehamilan melalui ANC ke petugas kesehatan sehingga dapat mengetahui faktor risiko yang dialami saat kehamilan untuk mencegah komplikasi-komplikasi pada saat kehamilan, persalinan, maupun masa nifas yang dapat mengakibatkan kematian pada ibu.

Menurut profil kesehatan Kabupaten Jember, pada tahun 2014 di Kecamatan Arjasa angka drop out ANC  sangat tinggi (K1=97%; K4=47%). Hal ini tentu memberikan pengaruh yang besar terhadap AKI di Jember. Oleh karena itu, MAMA memutuskan untuk berfokus pada ANC, khususnya meningkatkan jumlah ANC di Desa Kemuninglor, Kecamatan Arjasa sebagai upaya menurunkan AKI di Kabupaten Jember.

 

MAMA telah melaksanakan 1x bonding dan 1x intervensi. Bonding dan intervensi pertama dilaksanakan di Kantor Desa Kemuninglor pada tanggal 1 April 2018 dan 8 april 2018. Bonding pertama dilakukan senam ibu hamil yang bekerjasama dengan Bidan Arifah dan Bidan Rena dari Rumah Sehat Bidan Bunda Jember. Ibu hamil yang datang pada bonding pertama sejumlah 14 orang dan masing-masing telah dilakukkan pengecekan TTV terlebih dahulu oleh OC MAMA. Setelah melakukan senam ibu hamil bersama selama 45 menit, dilakukan sesi sharing bersama Bidan Arifah dan Bidan Rena. Agar ibu-ibu hamil lebih bersemangat dan tertarik untuk datang lagi pada kegiatan selanjutnya, dilakukan games dan pemberian doorprize peralatan rumah tangga. Games dilakukan dengan membagi ibu-ibu hamil menjadi 2 kelompok yang saling berebutan untuk menjawab mitos atau fakta seputar kehamilan. Ibu-ibu hamil terlihat senang dan bersemangat untuk saling berebut menjawab pertanyaan. Bonding ditutup dengan doa dan pengumuman pelaksanaan intervensi ANC (Antenatal Care) pada minggu berikutnya. 

 

Pengecekan TTV dilakukan sebelum pemberian materi ANC (Antenatal Care)  dari senior CIMSA UNEJ Kak Iqbal dan Kak Desy. Ibu hamil yang datang pada intervensi pertama berjumlah 10 orang, lebih sedikit dari bonding pertama dikarenakan hujan. Setelah dilaksanakan pemberian materi dan tanya jawab, acara dilanjutkan ice breaking  bernyanyi bersama lagu ANC dengan nada lagu dangdut “Jaran Goyang”

 

Ayo ibu-ibu priksa ANC

Ayo ibu-ibu priksa ANC

ANC nya ada empat kali...empat kali....empat kali

ANC pertama sebelum tiga bulan

ANC kedua bulan empat sampai enam

ANC ketiga dan keempat bulan tujuh sampai sembilan

Pemilihan nada dengan lagu “Jaran Goyang” dimaksudkan agar ibu-ibu hamil lebih cepat hafal dan lebih seru untuk dinyanyikan.  Games “Tebak Kata” dengan membagi ibu hamil menjadi 5 kelompok dengan masing-masing terdiri dari 2 ibu hamil menjadi penutup intervensi pertama.

 

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top