LACTOFERRIN - SCORA CIMSA FK YARSI

LACTOFERRIN - SCORA CIMSA FK YARSI

image

LACTOFERRIN

SCORA CIMSA FK YARSI

ASI merupakan nutrisi terbaik bagi bayi selama 6 bulan pertama kehidupan mereka, meski demikian praktik ASI eksklusif di lapangan masih rendah. Peran ayah dalam pemberian ASI eksklusif harus dipersiapkan dengan baik agar ayah dapat berperan secara optimal dalam pemberian ASI. Pengetahuan ayah mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pemberian ASI eksklusif diperlukan sebagai dasar ayah berperan.     

Kurangnya dukungan dari orang-orang disekitar ibu menjadi salah satu penyebab tidak berhasilnya program ASI eksklusif karena proses pemberian ASI tidak hanya melibatkan ibu dan bayi, melainkan juga orang-orang terdekat temasuk suami dan merupakan bonding antara ayah dan bayi.

Peran suami akan efektif apabila suami mengetahui dan paham perannya dalam pemberian ASI eksklusif. Pengetahuan akan menjadi dasar peran ayah dalam memberikan bentuk dukungan yang tepat karena pengetahuan merupakan hal yang pertama kali harus dimiliki suami untuk dapat memberi pengaruh pada praktek pemberian ASI. Suami harus menyadari bahwa tanggung jawab pemberian ASI tidak hanya ada pada ibu, melainkan ada pada dirinya juga

Sebuah dampak yang dapat didapatkan dari peran ayah terhadap proses menyusui dapat membuat ibu merasa nyaman sehingga memperlancar reflek pengeluaran ASI karena ibu mendapat dukungan secara psikologis dan emosi yang berkaitan dengan peningkatan sekresi hormon oksitosin, endorphin dan prolaktin yang dapat meningkatkan produksi  ASI.

Rendahnya pengetahuan masayarakat terhadap peran Ayah dalam ASI Ekslusif mengakibatkan meningkatnya resiko bayi mengalami infeksi karena salah satu pertahanan tubuh bayi didapatkan dari ASI, gizi yang buruk juga menjadi salah satu penyebab kematian pada bayi sebab kurangnya ASI.


 

Pada hari Sabtu, 23 Maret 2019, SCORA CIMSA FK YARSI sukses menggelar One-day-event yaitu “Maternal Health” yang bertemakan LACTOFERRIN (Learning Action of Father Releasing Oxytocin Hormone) bertempat di Wisma PHI Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ayah terkait ASI Eksklusif dan peranannya.  

Acara dimulai dengan materi yang diberikan oleh Bapak Agus Rahmat Hidayat, beliau adalah Founder of Ayah ASI. Pak Rahmat memberikan materi bagaimana latar belakang terbentuknya Ayah ASI dalam membantu ASI Esklusif. “ASI sendiri itu hanya komunitas saja karena tidak ada struktur kepengurusan yang tertulis, tetapi dibentuk karena gagasan kepedulian ayah terhadap ASI esklusif untuk bayinya,” Ujar Pak Rahmat.
Setelah pemberian materi tersebut, dilanjutkan dengan games menyusun makanan sehat MPASI. Peserta semua sangat terhibur dan terlihat sangat semangat. Selain itu ada juga materi yang disampaikan oleh Ibu Fitria Rosatriani selaku Bendahara Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) yang memberikan materi mengenai makanan pendamping ASI. Ibu Fitria pun memberikan demo memasak makanan yang sehat untuk mendampingi ibu menyusui. Acara ditutup dengan penyerahan plakat kepada pembicara yang telah menyampaikan materinya dan foto bersama para peserta dan member SCORA CIMSA FK YARSI.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top