INFLUENCER - SCOME CIMSA-BEM KM FK UNAND

INFLUENCER - SCOME CIMSA-BEM KM FK UNAND

image

INFLUENCER

(Interprofessional Education for Health Workers)

SCOME CIMSA-BEM KM FK UNAND

Influencer adalah suatu event yang dibawa  oleh SCOME CIMSA UNAND. Event ini berupa seminar dengan mengangkat  tema kolaborasi antar mahasiswa kesehatan di lingkungan Universitas Andalas. Event ini diikuti oleh  mahasiswa kesehatan yang berasal dari jurusan pendidikan dokter, pendidikan dokter gigi, keperawatan, gizi, ilmu kesehatan masyarakat, psikologi, kebidanan, dan farmasi. Acara ini dilaksanakan pada Hari Sabtu, 5 Oktober 2019 pukul 09.00-15.00 WIB di Gedung B4 FK UNAND Limau Manis.

Acara ini diawali dengan quiz yang sudah disiapkan pemateri dan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang IPE (Interprofessional Education) oleh 2 orang pemateri dari Medical Education Unit FK UNAND yaitu dr. Laila Isrona, M.Sc dan perwakilan dosen dari FK Unand yaitu Dra. Elmatris, SY, MS. Setelah itu, dibuka sesi tanya jawab untuk memberikan para peserta kesempatan agar lebih memahami materi yang telah disampaikan.

     

Setelah itu, acara ini dilanjutkan dengan simulasi dan diskusi dengan membentuk kelompok-kelompok kecil yaitu berupa SWG (Small Working Group), dimana masing-masing anggotanya terdiri dari 8 orang yang berasal dari jurusan kesehatan yang berbeda-beda. Dalam diskusi ini, diberikan sebuah kasus yang bertema Disaster Management untuk dipecahkan bersama secara berkelompok. Kasus yang diberikan untuk masing-masing kelompok pun berbeda-beda. Hasil diskusi tersebut nantinya akan dipresentasikan oleh masing-masing kelompok dengan tujuan berbagi pemikiran kepada semua kelompok terhadap kasus yang diberikan. Selesai menyampaikan hasil presentasi, akan dibuka sesi Tanya jawab untuk para peserta lain agar lebih memahami solusi yang tepat untuk kasus tersebut sesuai ranah kerjanya masing-masing.

Sebelumnya, acara ini membuka pendaftaran 1 minggu sebelum hari H acara sampai H-3 sebelum acara, dengan total pendaftar yaitu 113 orang dari berbagai jurusan kesehatan. Tetapi, pada saat hari H hanya 64 orang yang hadir, dikarenakan ada suatu kendala yang tidak bisa ditinggalkan, seperti Ujian Tengah Semester, dan lain-lain.

Meskipun hanya 64 orang yang datang, tapi nyatanya banyak peserta yang merasa puas dengan diadakannya acara ini. Dapat dilihat dari antusias dan keaktifan para peserta dalam memberikan pertanyaan dan berdiskusi memecahkan masalah dalam working group masing-masing. Para peserta juga berharap acara ini dilaksanakan lagi ditahun depan dikarenakan banyak manfaatnya, khususnya untuk mahasiswa kesehatan.

Memang banyak yang harus diperbaiki pada acara ini, tetapi kami pun berharap akan diadakannya kembali acara ini dengan beberapa catatan dan evaluasi agar acara ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat dikenal banyak orang, terutama mahasiswa kesehatan selain kedokteran.

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top