IDoP - SCORP CIMSA UNIMAL

IDoP - SCORP CIMSA UNIMAL

image

IDoP

SCORP CIMSA UNIMAL

Jika mendengar kata Suriah, tentu ini sudah tak asing lagi di telinga kita, semua orang mengetahui apa yang terjadi pada salah satu negara yang terletak di timur tengah ini. Suriah telah mengalami konflik berkepanjangan semenjak tujuh tahun yang lalu. Hal ini diawali dari pertentangan terhadap kenaikan Bashar Al-Assad sebagai kepala pemerintahan yang berlanjut menjadi sebuah perang besar dan menyebabkan banyak kerusakan di Suriah. Konflik ini pun diperkeruh dengan adanya campur tangan dari negara lain.

Keluarga yang tak lagi utuh, rasa takut akan perang, dan semua dampak buruk yang terjadi akibat peperangan telah menciptakan  rasa trauma mendalam pada diri mereka, tak cukup sampai disitu, mereka juga harus menanggung  banyak konsekuensi  seperti dibidang kesehatan,  kondisi hidup yang buruk dan kurangnya kebersihan yang memadai membuat pengungsi rentan terhadap penyakit, khususnya kelompok-kelompok rentan, seperti anak-anak dan wanita hamil.

Para pengungsi Suriah meninggalkan segalanya untuk mempertahankan hidup mereka. Makanan, pakaian, perawatan kesehatan, tempat tinggal, dan perlengkapan kebersihan yang sangat mereka butuhkan. Mereka tak punya pilihan, mereka tidak bisa berbuat banyak untuk diri mereka sendiri. Tetapi , kita bisa lakukan sesuatu untuk mereka, kita punya pilihan untuk membantu atau tidak. Maka dari itu, kami SCORP CIMSA UNIMAL, turut serta mendukung dan berpartisipasi dalam project nasional untuk mengadakan aksi galang dana guna membantu Suriah dalam rangka memperingati  International  Day of Peace ( IDoP ) yang jatuh pada tanggal 21 September.

Setelah kami berdiskusi, kami pun memutuskan untuk menggalang dana di kampus saja, selain untuk meningkatkan rasa peduli mahasiswa sendiri, jadwal masing-masing member yang cukup padat sehingga tidak memungkinkan untuk menggalang di tempat-tempat umum lainnya, mengingat jumlah member yang dapat dikatakan tidak banyak.

Persiapan satu demi satu mulai dirancang dan diselesaikan, mulai dari perlengkapan yang dibutuhkan, jadwal masing - masing kelas, serta hal - hal pendukung lainnya. Selama tahap persiapan, tak jarang kami juga menemui pertentangan pendapat  antar member, tetapi Alhamdulillah semua telah teratasi. Saat persiapan dirasa sudah cukup, kami pun bersiap terjun ke lapangan.

Walaupun ini merupakan kegiatan galang dana, tetapi dalam pelaksanaannya tidak  hanya sekedar menggalang dana, melainkan dalam kegiatan ini dipersiapkan sebuah presentasi yang didalamnya berisi sejarah, dampak, serta alasan mengapa kita harus membantu para pengungsi Suriah. Saat  keadaannya  memungkinkan,  diadakan juga  kuis  berhadiah agar menarik minat mahasiswa, tetapi hal ini dilakukan hanya pada angkatan 2018 yang merupakan MABA sekaligus untuk memperkenalkan kepada mereka mengenai SCORP dan apa hubungan aksi galang dana ini dengan SCORP.

Selama materi disampaikan, para mahasiswa mendengarkan dengan seksama dalam keadaan yang kondusif. Setelah  presentasi dipaparkan oleh presentan, dilanjut ke aktivitas utama, yakni menggalang dana, tak disangka ternyata mereka sangat antusias untuk menyumbang. Sembari menggalang dana, beberapa foto diambil untuk dokumentasi. Setelah itu tentunya tak lupa pula di akhir kegiatan diadakan foto bersama sambil berpose tangan diangkat sambil mengatakan “We Support Syirian Refugees”. Dan acara pun selesai untuk satu kelas, dilanjutkan ke kelas berikutnya dengan rangkaian kegiatan yang sama.

Melalui kegiatan galang dana ini , diharapkan dapat sedikit membantu para pengungsi Suriah serta dapat meningkatkan rasa peduli terhadap sesama baik untuk para member SCORP CIMSA UNIMAL maupun seluruh mahasiswa FK UNIMAL.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top