HEYHO! 4.0
(Healthy School! 4.0)
SCORE CIMSA-BEM KM FK UNAND
HeyHo! 4.0 merupakan sebuah ComDev SCORE pertama dari SCORE CIMSA-BEM KM FK UNAND dengan latar belakang dari data sekunder yang ditemukan saat upgrading SCORE bahwa minat penelitian di Indonesia masih rendah. Data dari Scientific American Survey (1994) menunjukkan bahwa kontribusi tahunan Scientist dan Scholars Indonesia pada pengetahuan, sains, dan teknologi hanya 0,012 persen. Fakta tersebut jauh lebih rendah dibandingkan dengan kontribusi Singapura yang mencapai 0,179 persen. Selain itu, saat ini sekolah seakan menjadi rumah kedua bagi para pelajar. Hampir separuh waktu hidup mereka dalam sehari dihabiskan untuk belajar di sekolah. Anak sekolah merupakan aset atau modal utama pembangunan di masa depan yang perlu dijaga, ditingkatkan dan dilindungi kesehatannya. Selain berfungsi sebagai tempat pembelajaran, sekolah juga dapat menjadi ancaman penularan penyakit jika tidak dikelola dengan baik. Lebih dari itu, usia sekolah bagi anak juga merupakan masa rawan terserang berbagai penyakit. Penyebaran penyakit lewat udara dan air sangat mudah terjadi di sekolah dan tempat umum lainnya. Oleh karena itu, menjaga kebersihan udara dalam ruangan dan memastikan kebersihan sumber air di sekolah sangatlah penting. Kebersihan udara dalam ruangan di sekolah harus diperhatikan. Sejumlah studi membuktikan bahwa tingkat kontaminan dalam udara di ruangan dapat beberapa kali lipat dibandingkan kontaminan di udara luar ruangan. Selain kebersihan udara, kualitas air juga harus diperhatikan untuk menjamin kesehatan masyarakat sekolah. Air merupakan komponen alam yang penting bagi kehidupan manusia. Tanpa air manusia tidak bisa hidup, bahkan kehidupan di dunia tidak dapat berlangsung. Namun demikian, air dapat menjadi malapetaka apabila tidak tersedia dalam kondisi yang benar, baik secara kualitas maupun kuantitas.
Dengan begitu HeyHo! dibentuk bertujuan untuk meningkatkan minat penelitian siswa SMA dengan kegiatan penilitan sederhana air dan udara di sekolah siswa. Dalam aktivitas HeyHo!, member dan kader akan belajar terkait penyakit menular melalui air dan udara, serta seberapa pentingnya kualitas air dan udara di lingkungan untuk menunjang aktivitas pelajar, karena sekolah merupakan rumah kedua dari para pelajar. Setelah itu kader dan member akan mengambil sampel air dan udara di sekolah kader dan mengujinya di labor mikrobiologi untuk melihat apakah air dan udara di sekolah terkontaminasi atau tidak. Pada intervensi terakhir setelah mengetahui apakah terkontaminasi atau tidak, kader akan diminta untuk berbagi ilmu yang sudah mereka dapat kepada siswa lainnya.
HeyHo! sudah berjalan selama 4 tahun. Saat ini, HeyHo! sudah menjadi sustainable project dari SCORE CIMSA-BEM KM FK UNAND. Sehingga, pada tahun ke-empat ini dilakukan hal yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena tujuan Heyho! keempat ini adalah melakukan reasessment untuk melihat bagaimana kemandirian dari kader dalam melakukan penelitian.
HeyHo! kali ini dalaksanakan di MAN 2 Padang, dimana kader-kader Heyho! tahun sebelumnya diundang untuk melakukan serangkaian acara yang diawali oleh kata sambutan dan kesan kader selama kegiatan HeyHo!, lalu pengisian quesioner untuk melihat bagaimana kemandirian kader, dilanjutkan bonding dengan melakukan permainan seven up, dan diakhiri dengan sebuah presentasi yang berisi perjalanan HeyHo! selama empat tahun, pemberian sertifikat kepada kader dan ditutup dengan sebuah sesi foto dan video dengan jargon CIMSA. Salah info menarik yang kami dapatkan dari kader adalah, bahwa kader sedang membuat Karya Ilmiah terkait penelitian air dan udara yang dilakukan bersama SCORE CIMSA-BEM KM FK UNAND. Dengan begitu kami mendapatkan kesimpulan berdasarkan reassessment bahwa Kader Peneliti Muda HeyHo! masih memiliki pengetahuan yang baik terkait materi HeyHo! dan juga dapat melakukan penelitian air dan udara secara mandiri. Yang selanjutnya berdasarkan asesment, HeyHo! dapat dilaksanakan kembali dengan kader dan komunitas yang baru.