HEY-HO! BY SCORE CIMSA UNAND

HEY-HO! BY SCORE CIMSA UNAND

image

Hey-Ho (Healthy School) adalah sebuah project Community Development oleh SCORE CIMSA UNAND yang bertemakan penelitian dengan tujuan membentuk kader peneliti muda di SMA Negeri 3 Padang yang mandiri dan aktif, serta memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan air di lingkungannya.

Hey-Ho! dikemas menjadi beberapa rangkaian intervensi mulai dari Intervensi Pertama pada Sabtu, 26 Agustus 2017. Pada Intervensi 1 ini, calon kader peneliti muda Hey-Ho! diberikan pengenalan mengenai IFMSA, CIMSA, SCORE, Hey-Ho! serta pemberian materi mengenai “Penyakit yang Diakibatkan oleh Lingkungan yang Kotor” oleh salah satu senior yang berpengalaman dalam bidang penelitian.

Pada Intervensi ke-2, Member SCORE bersama Kader Peneliti Muda dari siswa kelas XI SMA Negeri 3 Padang mengajak siswa kelas X untuk menjadi bagian peneliti muda. Dilakukan pengambilan sampel air dan udara di SMA Negeri 3 Padang. Calon Kader Peneliti Muda dibagi menjadi 2 kelompok. 1 kelompok yang terdiri dari 9 orang bertanggung jawab mengambil sampel udara, dan kelompok lainnya yang beranggotakan 6 orang bertanggung jawab mengambil sampel air. Kemudian sampel diantarkan ke Departement Mikrobiologi FK UNAND untuk dilanjutkan ketahap inkubasi selama 1-2 hari. Dalam pengambilan sampel, calon Kader Peneliti Muda dibimbing oleh 3 orang kader yang sudah dibentuk pada tahun sebelumnya dan beberapa Member SCORE CIMSA UNAND.

Selanjutnya di Intervensi ke-3 pada hari Kamis, 14 September 2017, Member SCORE CIMSA UNAND memberikan arahan kepada Kader Peneliti Muda mengenai bagaimana melakukan interpretasi dan analisis terhadap hasil sampel tersebut. Dari hasil inkubasi sampel, didapatkan sebagian tempat di SMA Negeri 3 Padang positif terkontaminasi dan sebagian lainnya tidak.

Kemudian pada Intervensi ke-4 Sabtu, 16 September 2017 calon Kader Peneliti Muda melakukan presentasi berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, dilanjutkan dengan penyuluhan terkait kontaminasi udara dan air terhadap siswa/i kelas X SMA Negeri 3 Padang. Materi yang disampaikan merupakan hasil bimbingan dari Kader Peneliti Muda Hey-Ho! yang sudah dibentuk pada kepengurusan sebelumnya.

Di intervensi ke-5 pada Sabtu, 20 Oktober 2017 dilakukan penobatan Kader Peneliti Muda dan pemberian penghargaan kepada Kader Peneliti Muda Terbaik, serta diselingi dengan bonding untuk meningkatkan keakraban antara Member SCORE CIMSA UNAND dengan Kader Peneliti Muda SMA Negeri 3 Padang.

Diharapkan kedepannya para peneliti muda mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapat dalam kegiatan sehari-hari.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top