HERO (Helping Other People) BY SCORP CIMSA UNPAD

HERO (Helping Other People) BY SCORP CIMSA UNPAD

image

HERO (Helping Other People)

BY SCORP CIMSA UNPAD

2017

 

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata disabilitas? Orang dengan kursi roda? Orang dengan tongkat mencoba menyeberang jalan? Dibalik semua itu, penyandang disabilitas merupakan manusia yang haknya patut untuk diperjuangkan. Masyarakat cenderung melihat mereka sebelah mata sehingga penyandang disabilitas menutup dirinya dari dunia dan tidak berani mengungkapkan pikirannya. Sekarang, tugas kita adalah menghapus stigma itu, membagikan kebahagiaan, dan mendorong mereka untuk lebih percaya diri dengan menerima keberadaan mereka apa adanya.

SCORP CIMSA FK Unpad mempersembahkan HERO (Helping Other People) 2017. Acara ini diadakan untuk meningkatkan rasa percaya diri penyandang disabilitas dan kesadaran masyarakat terhadap penyandang disabilitas. Kami membuka pendaftaran bagi mahasiswa tahun 1 dan anggota SCO CIMSA lainnya untuk suka rela menjadi fasilitator sehingga mereka mendapat kesempatan untuk berinteraksi dengan penyandang disabilitas secara langsung.

Intervensi pertama HERO diadakan di SLBN Cileunyi pada Sabtu, 14 Oktober 2017. Pada hari pertama, fasilitator datang ke SLBN Cileunyi dan melakukan pentas drama bertema super hero. Setelah itu mereka bertemu dengan adik fasil mereka yang merupakan penyandang disabilitas dengan berbagai jenis kecacatan, yaitu tuna netra, tuna rungu, tuna grahita, dan tuna daksa. Mereka bermain games bersama dan saling bercerita tentang mimpi mereka di masa depan. Selain itu, beberapa dari mereka mengikuti sesi pemotretan berkolaborasi dengan Spektrum, unit fotografi Unpad. Hasil dari pemotretan dijadikan media kampanye di media social dan banner yang terpasang di gerbang masuk Unpad.

Intervensi kedua diadakan di FK Unpad pada Minggu, 5 November 2017. Acara dibuka untuk umum. Anak-anak dari SLBN Cileunyi menampilkan pentas angklung, tari tradisional, pembacaan puisi, dan band. Merekajuga  menjadi model pada sesi fashion show dengan kakak fasil. SCORP Unpad berkolaborasi dengan Diff Community dan Smile motivator yang memberikan perwakilan untuk menjadi pembicara pada sesi talkshow. Setelah itu, diadakan sesi interkasi anak-anak dengan pengunjung. Di akhir acara, fasilitator datang dan memberikan hadiah kepada adik-adik fasilnya. Kami sangat terharu dan bahagia pada hari itu.

Kami berharap setelah acara ini dilaksanakan anak-anak SLBN Cileunyi akan lebih bahagia dan percaya diri., fasilitator akan lebih sadar mengenai hak penyandang disabilitas saat mereka menjadi dokter, dan mata masyarakat akan lebih terbuka. Kami harap masyarakat tidak hanya memberi belas kasihan terhadap penyandang disabilitas, tetapi mendukung mereka dalam meraih mimpi dan menjalani kehidupan sehari-hari.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top