HA! - SCOPH CIMSA UNISBA

HA! - SCOPH CIMSA UNISBA

image

HA!

SCOPH CIMSA UNISBA

Health Awareness (HA) merupakan salah satu aktivitas Center For Indonesian Medical Students’s Activities (CIMSA) yang berfungsi untuk membimbing dan menuntun anak-anak yang kurang mampu untuk lebih menjaga kebersihannya agar menjadi semakin baik dan berkualitas. Tema yang diangkat dalam kegiatan cimsa kali ini adalah HIS  “Hidup Sehat”, dimana maksud dari tema tersebut adalah meningkatkan rasa kebersihan dalam hal kecil pada anak-anak untuk hidup yang lebih baik dan sehat. Tujuan diadakannya kegiatan HA sendiri adalah untuk meningkatkan kewaspadaan kebersihan pada anak-anak dan mencetak anak-anak yang dapat mengajari anak-anak yang lainnya untuk melakukan kebersihan yang lebih baik. Yang kami harapkan dari kegiatan HA ini adalah anak-anak dapat lebih waspada dengan lingkungan, bisa menerapkan hidup sehat dan dapat mengurangi resiko terjadinya sakit.

Anak-anak jalanan yang mengikuti kegiatan health awareness hari ini berjumlah sekitar 10 orang, dimana sebagian besar dari mereka masih sekolah dan rata-rata masih duduk di sekolah dasar. Pada awalnya anak-anak sedikit sulit untuk didekati karena mereka baru pertama kali bertemu dengan kami tetapi pada akhirnya anak-anak menjadi dekat dengan para anggota cimsa. Dikegiatan ini para anggota cimsa memberikan pembelajaran mengenai bagaimana cara mencuci tangan, kapan harus dilakukannya, mengapa harus dilakukan cuci tangan dan efek jika tidak mencuci tangan. Ada beberapa dari anak jalanan yang mengetahui langkah-langkah mencuci tangan namun mereka tidak tahu urutan dari langkah-langkah mencuci tangan tersebut. Para anggota cimsa mengajarkan cara mencuci tangan langsung dengan mengaplikasikannya menggunakan antiseptic liquid. Anak-anak terlebih dahulu diajarkan cara mencuci tangan 6 langkah kemudian baru menggunakan antiseptic liquid untuk menerapkannya, setelah itu anak-anak terus mengulang langkah-langkah tersebut dan anak-anak mendapatkan poster mengenai cuci tangan masing-masingnya mendapatkan 2 poster yang nantinya bisa mereka tempelkan di rumah. Anggota cimsa juga memberikan hadiah berupa makanan ringan kepada anak-anak yang bisa melakukan cuci tangan 6 langkah dengan baik dan benar sebagai bentuk apresiasi kepada mereka. Anak-anak mengantri untuk ditest cara mencuci tangan, jika sudah benar maka mereka akan mendapatkan hadiah, dan anak-anak sangat antusias saat ditest cara mencuci tangan.

    

Setelah mengajarkan cara cuci tangan 6 langkah kepada anak-anak, anggota cimsa mengajarkan kepada anak-anak cara membaca, berhitung dan menulis. Dimana masing-masing anggota cimsa mengajari 1-3 orang anak, disini anak-anak yang meminta untuk diajari membaca, menulis ataupun berhitung. Dari komunitas tanpa batas sendiri telah menyediakan buku-buku cerita maupun buku pelajaran, biasanya anak-anak belajar menggunakan buku-buku tersebut. Selain belajar anak-anak juga bercerita tentang cita-cita dan keseharian mereka dengan anggota cimsa. Yang pada awalnya anak-anak sulit untuk didekati tetapi sekarang mereka menjadi dekat dengan anggota cimsa bahkan meminta anggota cimsa untuk datang kembali mengajar dan bermain bersama mereka. Kegiatan yang dilakukan komunitas tanpa batas ini sendiri biasa dilakukan di hari minggu dimulai dari pukul 16.00 – menjelang maghrib. Setelah kegiatan selesai biasanya anak-anak kembali ke rutinitas mereka, rata-rata dari mereka banyak yang berjualan dijalanan.

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top