GUESS WHAT - Community Development CIMSA UMP

GUESS WHAT - Community Development CIMSA UMP

image

GUESS WHAT (Gerakan siswa-siswi Sehat)

by Community Development CIMSA UMP

 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2016 menilai persoalan sampah sudah meresahkan. Indonesia bahkan masuk dalam peringkat kedua di dunia sebagai penghasil sampah plastik setelah Tiongkok. Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat saat ini jumlah sampah di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun dan sebanyak 64 persen berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Menurut data Badan Pengelolaan Sampah (BPS), tingkat perilaku tidak memilah sampah sebelum dibuang masih sangat tinggi yaitu 81,16 persen. Kurangnya pengetahuan tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan mengetahui sampah organik dan organik menjadikan masyarakat menyepelekan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh sampah dan tak ambil pusing dengan pengelolaan sampah organik dan anorganik tersebut. Pentingnya menanamkan pengetahuan dan kepedulian terkait dengan memilah sampah sebelum dibuang sangat penting dipupuk sejak usia dini. Hal tersebut mendasari Community Development CIMSA UMP mengadakan projectGUESS WHAT (Gerakan Siswa-Siswi Sehat)” di SD Negeri 2 Bojongsari, Purwokerto, Banyumas. Sebelum melaksanakan kegiatan, dilakukan assessment primer dan sekunder yang dilakukan pada seluruh warga SDN 2 Bojongsari. Assesment Primer dilakukan dengan memperhatikan kondisi sekolah dalam segi kebersihan lingkungan, kesadaran dan ketaatan dalam menjaga kebersihan khususnya buang sampah pada tempatnya dibantu dengan wali kelas. Pada assessment sekunder dilakukan dengan Mengunjungi sekolah dan masuk ke beberapa kelas dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan PHBS (perilaku Hidup Bersih dan Sehat) khususnya terkait dengan sampah organik dan non-organik.

Assesment sekunder dengan memberikan beberapa pertanyaan seputar sampah organik dan anorganik

 

Intervensi dilakukan sebanyak 2 kali dengan 2 kali follow-up terhadap siswa-siswi SDN 2 Bojongsari. Intervensi 1 berlangsung pada tanggal 16 Januari 2018 pukul 11.00. Kegiatan intervensi 1 mencakup pemberian materi melalui Small Group Discussion (SGD) oleh 2 orang perwakilan dari panitia. Materi yang di diskusikan tentang pentingnya mengenal sampah organik dan sampah anorganik serta dampak buang sampah sembarangan terhadap kesehatan. Pada SGD ini, siswa-siswi sangat antusias untuk bertanya dan menyatakan pendapatnya seputar sampah organik dan anorganik. Follow-up dilakukan setiap 2 minggu setelah dilakukannya intervensi untuk mengetahui perkembangan pengetahuan dan pengaruh terhadap lingkungan setelah dilakukannya intervensi.

 

Small Group Discussion (SGD) pada Intervensi 1

 

Kegiatan Intervensi 2 dilakukan pada hari Sabtu, 24 Maret 2018 pukul 09.30 WIB di halaman SDN 2 Bojongsari, Purwokerto, Banyumas. Kegiatan diawali dengan mengulas materi yang telah diberikan pada intervensi 1 terkait dengan tentang pentingnya mengenal sampah organik dan sampah anorganik serta dampak buang sampah sembarangan terhadap kesehatan. Setelah itu, dibuat kelompok-kelompok kecil sesuai dengan intervensi 1 mobilisasi ke halaman SDN 2 Bojongsari, Purwokerto, Banyumas untuk melakukan penerapan diskusi dari intervensi 1 dengan menggambar dan menghias tempat sampah terkait dengan sampah organik dan sampah anorganik. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan tempat sampah yang sudah ada, kemudian siswa-siswi dipandu dengan 2 orang panitia untuk menghias dan menggambar contoh-contoh sampah organik dan anorganik. Hal tersebut dilakukan agar memudahkan seluruh warga SDN 2 Bojongsari untuk membuang sampah sesuai dengan pembagian organik dan anorganik. Penggunaan cat warna dan kuas menjadikan siswa-siswi SDN 2 Bojongsari sangat antusias dengan kegiatan GUESS WHAT  ini.

Setelah selesai, setiap siswa merapihkan alat dan bahan yang telah digunakan dan membuang sampah sesuai penerapan yang telah diajarkan. Kegiatan ini di tutup dengan pembagian hadiah dan foto bersama.

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top