GREEN AND CLEAN - SCORP CIMSA YARSI

GREEN AND CLEAN - SCORP CIMSA YARSI

image

GREEN AND CLEAN

SCORP CIMSA YARSI

 

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencatat bahwa volume sampah yang dihasilkan di Ibu Kota dalam kurun Januari hingga November 2017 mencapai 2.278.715 ton. Produksi sampah di Jakarta masih tinggi karena warga di Ibu Kota juga semakin banyak. Rata-rata, kata Rahmawati, warga DKI menghasilkan 3,4004 liter sampah per hari.

Dengan melihat volume sampah didaerah DKI Jakarta yang masih sangat tinggi dan didapatkan salah satu sumber sampah terbanyak berasal dari pemukiman, pada tanggal 23 Februari 2018 SCORP CIMSA YARSI telah melakukan wawancara dengan Ibu RT dan masyarakat di RT.09/RW.12 Tanah Tinggi, Johor Baru Jakarta Pusat. Dari hasil wawancara, didapatkan masyarakat di sana masih mengumpulkan sampah mereka dalam wadah plastik yang nanti akan digantungkan di halaman rumah masing-masing, serta masih kurangnya pengetahuan masyarakat akan gerakan daur ulang sampah.

Untuk meningkatkan kembali kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan meningkatkan pengetahuan terkait daur ulang sampah, SCORP CIMSA YARSI mengadakan kegiatan penyuluhan, pengumpulan sampah serta pemeriksaan kesehatan bagi warga RT.09/RW.12 Tanah Tinggi, Johar Baru Jakarta Pusat yang dilaksanakan pada tanggal 7 April 2018 dengan tema tahun ini adalah Green and Clean.

Kegiatan dimulai pada pukul 13.00 WIB, yang dibuka dengan sambutan dari Project Officer, Denia Anindyaswasti Rahayu dan LORP CIMSA YARSI, Luthfi Mubarak. Kemudian acara dilanjutkan dengan pre-test terlebih dahulu, sebelum masuk kedalam penyampaian materi tentang daur ulang sampah oleh pembicara. Setelah dilakukan pre-test, pembicara dari Bank Sampah My Darling yaitu Ibu Yeni Mulyani, mulai mempresentasikan terkait profil Bank Sampah My Darling, fakta tentang sampah dan sampah di Indonesia, cara daur ulang sampah serta hasil dari daur ulang sampah yang sudah dihasilkan oleh Bank Sampah My Darling yang disampaikan dengan sangat antusias dan menarik perhatian. Setelah melakukan presentasi, Ibu Yeni beserta team-nya dari Bank Sampah My Darling mendemonstrasikan secara langsung bagaimana cara membuat kreasi dari daur ulang sampah, yang juga secara langsung dipraktikan oleh masyarakat dengan menggunakan beberapa bungkus minuman sachet yang sudah dibawa oleh masyarakat. Sembari melakukan praktik daur ulang sampah, dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat yang berupa pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan rapid test untuk glukosa dan asam urat. Setelah itu, kegiatan ditutup dengan post-test, pemberian sertifikat kepada pembicara oleh LORP CIMSA YARSI dan foto bersama.

Semoga kegiatan Green and Clean ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga dapat menjadi pelajaran dan pengalaman bagi panitia yang turut hadir dan mempersiapkan acara ini dengan sebaik-baiknya, serta hasil dari evaluasi kegiatan Green and Clean tahun ini dapat dijadikan bahan persiapan dan pembelajaran untuk pelaksanaan kegiatan yang lebih baik lagi di tahun selanjutnya.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top