GALAKTOSA - SCOPH CIMSA UNRI

GALAKTOSA - SCOPH CIMSA UNRI

image

GALAKTOSA

(Gerakan Lawan Diabetesmu Sekarang)

SCOPH CIMSA UNRI

Pada minggu, 25 November 2018 SCOPH CIMSA UNRI mengadakan selebrasi HKN (Hari Kesehatan Nasional) - WDD (World Diabetes Day) 2018 dengan nama GALAKTOSA (Gerakan Lawan Diabetesmu Sekarang) di car free day Jl. Jenderal Sudirman Kota Pekanbaru. Perayaan ini sebelumnya didahulukan dengan mading di Fakultas Kedokteran Universitas Riau tentang family and diabetes pada Rabu, 14 November 2018. selebrasi ini bertemakan tentang Diabetes dengan salah satu faktor resiko nya adalah Keluarga/keturunan dan bagaimana peran keluarga dalam mengontrol dan mencegah komplikasi diabetes.

     

Target sasaran kegiatan ini masyarakat umum yang datang di acara Car Free Day yang merupakan pusat keramaian Kota Pekanbaru pada hari minggu pagi. Dalam kegiatan ini SCOPH CIMSA UNRI melaksanakan senam diabetes bersama masyarakat yang hadir, informasi dengan flipchart, dan pelaksanaan cek tekanan darah dan gula darah gratis.  

     

Hari minggu setiap minggunya DISHUB (Dinas Perhubungan) Kota Pekanbaru mengadakan Car Free Day dibuka mulai jam 6 pagi. Hal ini sangat mendukung keberlangsungannya kegiatan galaktosa sehingga masyarakat yang sedang berolahraga ataau yang sedang bersepeda ria di car free day dapat langsung ke stand SCOPH CIMSA UNRI untuk mendapatkan informasi tentang diabetes dan screening kesehatan gratis. Acara Galaktosa ini  dimulai jam 7 pagi dengan rangkaian kegiatan yang pertama ialah senam diabetes yang dipandu kakak pesenam. Dengan membawakan 4 lagu di senamnya, senam ini berhasil mengajak masyarakat yang hadir di Car Free Day untuk ikut turt bersenam bersama.  

     

Setelah senam bersama, jam 7. 45 pagi dilaksanakan edukasi masyarakat dengan flipchart yang dibawakan oleh 2 informan yakni Silvi A.M. Purba dan Dhini Mukhlisa. Pemberian informasi mengenai diabetes dan keluarga ini dilaksanakan bersamaan dengan cek tekanan darah dan gula darah gratis. Informasi dari flipchart yang dibawakan adalah apa itu diabetes, pencegahan diabetes, komplikasi dari diabetes, dan peran keluarga dan diabetes. Penyampaian informasi singkat itu sangat memikat hati masyarakat. Mereka yang sedang berjalan mampir, lalu setelahnya mereka ingin mengecek tekanan darah mereka dan gula darah. Dengan 3 pengecekan tekanan darah dan 3 cek gula darah membuat pasien ingin mengecek kesehatannya tanpa perlu menunggu lama. Setelah 1 jam dilakukan screening, dan alat untuk cek kesehatan gratis sudah habis, maka para oc menutup rangkaian tersebut dengan foto bersama.

Yang selanjutnya dilakukan evaluasi para oc yang dilakukan di pinggir jalan yang dikarenakan jalan protokol car free day sudah dibuka kembali jam 9 pagi. Setelah evaluasi para oc jam 9.20 oc pulang.   Secara keseluruhan selebrasi HKN-WDD 2018 oleh SCOPH CIMSA UNRI berlangsung dengan sukses dan mendapatkan respon positif dari pihak masyarakat dengan antusiasnya yang luar biasa.

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top