FIESTA - SCORA CIMSA UMP

FIESTA - SCORA CIMSA UMP

image

FIESTA

(For Inform Education Sexuality to Avoid AIDS)

SCORA CIMSA UMP

Hi CIMSA!!!

Dalam kesempatan kali ini, kami dari SCORA CIMSA UMP akan membahas salah satu project kami yang pecah! Yaitu, FIESTA (For Inform Education Sexuality to Avoid AIDS)!!

Dalam rangka memperingati World AIDS Days, yang dirayakan setiap tanggal 1 Desember, kami SCORA (Standing Committee For Reproduction Health including AIDS) CIMSA UMP mengadakan sarahsehan pada tanggal 1 Desember 2018 dengan tema "FIESTA (For Inform Education Sexuality to Avoid AIDS) 3.0; BREAK THE STIGMA". Sarahsehan ini mendatangkan beberapa narasumber, yang pertama adalah dr. Ratna Wulan Febriyanti Sp.MK, materi yang disampaikan yaitu mengenai HIV/AIDS dari segi kesehatan. dimulai dari definisi, epidemiologi, penularan, tahap-tahap, gejala, pemeriksaan penunjang, tatalaksana, hingga ke pencegahan. kemudian, beliau juga membahas bagaimana korelasi antara HIV/AIDS dengan faktor resiko HIV/AIDS seperti penasun (pecandu jarum suntik, homoseksual,  dan lain-lain). Pembicara kedua yaitu Ibu Raden Rara Pujaningsih S.Psi, M.Psi Psikolog, selaku Psikolog Klinis yang membahas dari segi psikologis dengan tema “kebahagiaan”, yaitu bagaimana sikap yang harus diambil ketika menghadapi masalah yang besar, cara untuk bahagia, pentingnya psikis yang sehat ketika seseorang mengidap penyakit yang berat seperti HIV/AIDS. Serta pembicara terakhir adalah kakak Rozak Abidin dari LPPSLH ( Lembaga Penelitian & Pengembangan Sumberdaya & Lingkungan Hidup ) selaku Koordinator Lapangan dari Komunitas populasi kunci yang membahas bagaimana lembaga LPPSLH di Purwokerto dalam memanajemen komunitas" yang menjadi faktor resiko HIV/AIDS. Pada sarahsehan kali ini, kami mendapatkan kesempatan untuk dapat mengundang populasi kunci yang ada di Banyumas.

     

Pada akhir acara akan diadakan VCT (Voluntary Counselling and Testing) gratis. Mengenai acara seminar ini, dosen pembina kami, yaitu dr. Anis Kusumawati, M. Sc, M. Med. Ed sangat mendukung pelaksanaan acara ini, bahkan beliau meminta agar acara dengan konsep WAD tahun ini, rutin dilakukan setiap tahunnya. Mahasiswa juga sangat antusias untuk melakukan VCT dengan gratis disini, bahkan reagen yang memang sudah disiapkan 40 orang sesuai dengan target acara sarahsehan ini.

Sebelum diadakannya sarahsehan ini, kami mengadakan edukasi dan pembagian pita merah di UMP bekerjasama dengan PIK-MA UMP. Pada acara sebelumnya dimana kami bekerja sama dengan PIK-MA UMP, dalam bentuk edukasi, pembagian pita merah serta tanda tangan yang nama acaranya “1000 Tanda Tangan untuk ODHA” mendapat antusias yang sangat besar dari masyarakat Kampus UMP sendiri.

Selain itu juga kami melakukan edukasi melalui Gradiosta FM pada tanggal 3 Desember 2018, dimana Gradiosta itu adalah Unit Kegiatan Mahasiswa UMP yang bergerak di bidang broadcasting & radio. Disini, kami diminta External Subdivision CIMSA UMP untuk melakukan edukasi. Di Gradiosta sendiri kami edukasi tentang HIV/AIDS secara umum, dari cara penularannya, penyebarannya lewat apa aja, membahas beberapa mitos tentang HIV/AIDS, serta membahas tentang pentingnya melakukan VCT bagi mahasiswa UMP. Kami juga tidak lupa mempromosikan acara kami yang merupakan acara puncak dari kegiatan WAD tersebut.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan, kami sangat berharap antusias para member untuk semakin meningkat tidak hanya di acara WAD tahun ini, tapi di project- project selanjutnya juga.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top