ETW - SCOPE & SCORE CIMSA FK UNSYIAH

ETW - SCOPE & SCORE CIMSA FK UNSYIAH

image

ETW

(Exchange the World)

SCOPE & SCORE CIMSA FK UNSYIAH

Exchange The World (ETW) 2020 merupakan salah satu rangkaian Exchange Fair yang diselenggarakan oleh CIMSA Nasional yang bertujuan untuk memperkenalkan program pertukaran pelajar untuk seluruh mahasiswa kedokteran di Indonesia. Namun, kegiatan ETW yang diselenggarakan oleh SCOPE dan SCORE CIMSA FK Unsyiah ini dikhususkan untuk seluruh mahasiswa kedokteran di Aceh dan Sumatera Utara.

Rangkaian kegiatan ETW yang dilakukan SCOPE dan SCORE CIMSA FK Unsyiah, yaitu campaign ETW melalui sosial media, quiz yang berkaitan dengan exchange di Instagram story CIMSA FK Unsyiah dan Seminar ETW. Campaign dilaksanakan mulai tanggal 6 April 2020, quiz pada tanggal 9 April 2020 dan seminar ETW dilaksanakan pada tanggal 11 April 2020 secara daring melalui Google Meet.

     

Pada kegiatan seminar ETW 2020 turut diundang beberapa speaker yang pernah mengikuti program pertukaran pelajar yang diwadahi oleh SCOPE dan SCORE CIMSA FK Unsyiah. Speaker tersebut memaparkan berbagai pengalaman dan pelajaran yang mereka dapatkan selama mengikuti program pertukaran pelajar.

Seminar dimulai pada pukul 10.00 WIB oleh Qusrairy sebagai master of ceremony (MC) dan dilanjutkan dengan pembacaan doa agar kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan lancar dan berkah. Kemudian para peserta ETW ini mengerjakan beberapa soal pre-test yang berisi pengetahuan umum tentang pertukaran pelajar. Setelah pre-test dilaksanakan, LORE CIMSA FK UNSYIAH dan LEO Outgoing CIMSA FK Unsyiah memaparkan alur program pertukaran pelajar dan dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab serta pengisian soal post-test.

Pada agenda kedua, yaitu sharing session bersama kak Belinda Kusuma Melati dan kak Gilang Dwi Putra yang merupakan AB SCORE CIMSA. Kak Belinda dan kak Gilang juga merupakan salah satu mahasiswa yang pernah mengikuti program pertukaran pelajar di bidang penelitian yang diwadahi oleh SCORE. Kak Belinda mengikuti exchange ke Poland, sedangkan kak Gilang mengikuti exchange ke Portugal dan Italy. Mereka memaparkan bagaimana beliau mengurus berkas untuk exchange, departemen yang mereka ambil serta berbagai pengalaman saat sedang melakukan exchange. Tak lupa, mereka juga memberikan beberapa kata motivasi untuk meningkatkan minat para peserta ETW dalam mengikuti pertukaran pelajar dan bagaimana beradaptasi nantinya.

Di sela-sela agenda yang dilaksanakan, OC ETW menyuguhkan beberapa games untuk menyegarkan kembali pikiran dan meningkatkan fokus para peserta ETW. Para peserta sangat senang dan turut bergabung dalam games tersebut, yaitu bermain Gartic.io dan Kahoot. Peserta yang meraih 3 skor tertinggi mendapatkan hadiah berupa saldo GOPAY sebesar Rp10.000,00.

Agenda selanjutnya yaitu sharing session bersama kak Agung Prabowo dan kak Raisha Fathima. Mereka merupakan salah satu mahasiswa yang mengikuti program pertukaran pelajar yang diwadahi oleh SCOPE. Kak Agung menjalankan petualangan pertukaran pelajarnya di Germany, sedangkan kak Raisha di Turkey. Kak Agung juga memaparkan tips and trick untuk mahasiswa yang ingin mengikuti exchange, seperti bagaimana mengikuti exchange tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. Kak Raisha juga tak mau kalah dalam menceritakan exchange nya, beliau juga memaparkan berbagai pengalaman yang sangat menyenangkan saat mengikuti exchange. Kemudian dilanjutkan sesi tanya-jawab yang direspons baik oleh para peserta ETW dengan beragam pertanyaan.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa kedokteran di Indonesia terutama Aceh dan Sumatera Utara lebih memahami tantang alur pertukaran pelajar dan bisa meningkatkan minat mereka untuk turut serta dalam program pertukaran pelajar tersebut.

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top