EARLY CANCER DETECTION - SCORA X SCOPH CIMSA UKDW

EARLY CANCER DETECTION - SCORA X SCOPH CIMSA UKDW

image

EARLY CANCER DETECTION

SCORA X SCOPH CIMSA UKDW

Kanker adalah penyakit yang terjadi akibat sel-sel normal yang terus membelah tanpa terkendali dan menyerang jaringan tubuh sehat, sehingga menjadi sel abnormal. Sel ini akan terus tumbuh dan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Umumnya sebelum kanker meluas atau merusak jaringan di sekitarnya, penderita tidak merasakan adanya keluhan ataupun gejala. Bila sudah ada keluhan atau gejala, biasanya penyakitnya sudah lanjut.

Kasus kanker di indonesia sendiri semakin marak terjadi, walaupun sudah banyak program pemerintah untuk menanggulangi masalah ini namun masyarakat indonesia belum benar-benar dapat terbebas dari kanker. Bahkan, beberapa data menunjukkan masih tingginya angka prevalensi kanker di indonesia. Mengutip rilis di sehatnegeriku.kemkes.go.id pada Senin (4/2/2019), globocan menyebutkan bahwa di tahun 2018, terdapat 18,1 juta kasus baru kanker dengan angka kematian sebesar 9,6 juta. Di dunia, 1 dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan mengalami kanker. Selain itu, 1 dari 8 pria dan 1 dari 11 perempuan meninggal karenanya. Sehingga sudah saatnya kita mulai menyadari dan tahu cara mendeteksi kanker sejak dini.

     

Dalam rangka merayakan Hari Kanker Sedunia yang jatuh setiap 4 Februari, CIMSA UKDW mengadakan sebuah workshop bertajuk "Early Cancer Detection" bagi seluruh mahasiswa/i di UKDW. Melalui kegiatan CIMSA kali ini, diharapkan mahasiswa/i UKDW  dapat mengenal faktor penyebab dan juga cara menyadari gejala kanker sejak dini. Acara yang diadakan pada hari Minggu, 23 Februari 2020 di ruang kelas B.33 ini terbilang cukup sukses sebagai workshop perdana bagi CIMSA UKDW, Workshop ini dihadiri oleh mahasiswa/i dari berbagai Fakultas seperti Kedokteran, Akutansi, Manajemen, Bisnis, dll.

Acara ini diawali dengan pembukaan MC dan sambutan oleh ketua panitia dan Local Officer. Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa sebagai mahasiswa/i kita harus menyadari bahaya dan pentingnya mengetahui gejala kanker bagi diri sendiri dan orang-orang sekitar dan diharapkan setelah mengikuti workshop ini peserta dapat mencegah dirinya dari faktor penyebab penyakit kanker.

Pada acara tersebut juga panitia menghadirkan 2 orang dokter dan 1 pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) yang dibagi dalam 3 sesi. Sesi 1 diisi dengan pemaparan tentang penyebab kanker dan deteksi dini oleh dr. Maria Silvia Mery, M.Sc dilanjutkan dengan sesi 2 oleh dr. Aditya Adinata yang membahas tentang terapi dan pencegahan kanker, serta pengobatan herbal yang dapat dijadikan alternatif pencegahan kanker dan diakhiri oleh ibu Kusminatun HR, AMd.Keb., SPd, M. Sc dari YKI yang membagikan pengalaman dan pelatihan SADARI bagi peserta.

Dalam acara tersebut ada juga sesi tanya jawab dari pembicara setelah selesai pemaparan. Acara yang berlangsung selama -/+ 2.5 jam ini mengundang antusias dari peserta yang ingin tahu lebih tentang kanker. Hal ini dapat dilihat dari beragam pertanyaan yang dilontarkan dan hasil  postest yang meningkat hingga 55% dari pretest. Acara ini diakhiri dengan foto bersama dengan seluruh peserta, selain mendapat pengetahuan baru peserta juga mendapatkan snack dan sertifikat dari CIMSA UKDW.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top