CHEESE - SCOPE CIMSA UIN

CHEESE - SCOPE CIMSA UIN

image

CHEESE

SCOPE CIMSA UIN

Pada tanggal 5 November 2018, SCOPE CIMSA FK UIN SH menyelenggarakan intervensi kedua CHEESE. CHEESE sendiri adalah program community development pertama SCOPE CIMSA FK UIN SH yang terdiri dari lima intervensi yang diselenggarakan mulai dari Oktober hingga November tahun ini. Peserta kegiatan ini adalah 48 orang siswa/I kelas 7 Madrasah Pembangunan yang dibagi dalam dua kelas. Materi yang diajarkan pada program ini menyesuaikan dengan pelajaran mereka saat ini. Tujuan dari program ini adalah agar menambah minat siswa/I Madrasah Pembangunan dalam bidang Bahasa Inggris sekaligus membantu mereka lebih memahami tentang materi yang tengah mereka pelajari di kelas dan mempersiapkan mereka untuk materi-materi yang belum mereka dapatkan di kelas agar mereka lebih memahami materi tersebut ketika diajarkan oleh guru mereka masing-masing.

    Materi yang diajarkan pada intervensi kedua adalah tentang hewan (animals). Kelas dimulai dengan membagi peserta menjadi beberapa grup yang lebih kecil, selanjutnya masing-masing dari grup tersebut memiliki tutor yang akan memandu mereka dalam belajar bahasa inggris. Tutor-tutor tersebut memperlihatkan gambar-gambar hewan dan mengajarkan cara menulis serta melafalkan nama hewan tersebut dalam bahasa inggris dengan benar. Setelah itu, kami mengadakan permainan terkait topik ini dengan cara tutor memegang gambar seekor hewan diatas kepala seorang siswa dan siswa lain harus berusaha memberitahukan siswa tersebut apa hewan yang sedang tutor pegang diatas kepala mereka dengan cara mendeskripsikan hewan tersebut, setelah  siswa mengetahui hewan yang sedang di pegang oleh tutor, siswa tersebut harus menyebutkan nama hewan tersebut dalam bahasa inggris serta mengeja hurufnya satu per satu. Selain itu, kami juga mengadakan games berupa tutor mendeskripsikan seekor hewan pada siswa dalam grup tersebut, lalu seluruh siswa diminta menebak nama hewan tersebut serta melafalkannya dalam bahasa inggris dengan benar.

    

    Tujuan dari permainan-permainan diatas adalah membiasakan para siswa/I untuk menyebut nama hewan dengan bahasa inggris dan mengetahui bagaimana cara penulisan dan pengucapan nama hewan tersebut dengan benar. Walaupun topik pada intervensi 2 ini cukup sederhana, namun topik ini adalah pengetahuan dasar yang akan sering mereka pakai sehari-hari sehingga harus diajarkan dengan baik dan benar. Siswa/I terlihat sangat antusias dalam mengikuti permainan yang kami adakan, selain itu kami juga memberikan makanan ringan pada mereka untuk menambah minat dan keaktifan mereka selama acara berlangsung. Masing-masing tutor juga menanyakan kepada para siswa hewan apa yang mereka sukai atau hewan apa yang ingin mereka pelihara di rumah sebagai bentuk interaksi antara tutor-peserta sehingga peserta tidak merasa jenuh selama acara dilangsungkan.

    Kami, SCOPE CIMSA FK UIN SH, berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat membantu mereka memahami topik yang kami ajarkan serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu sesuai dengan tujuan awal, kami harap acara ini akan menumbuhkan minat para siswa terhadap bahasa inggris dan membantu mereka memahami bahwa bahasa inggris adalah bahasa universal yang sangat berguna untuk kehidupan mereka kedepannya.

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top