BTS - SCOPH CIMSA FK UNSYIAH

BTS - SCOPH CIMSA FK UNSYIAH

image

BTS

(Bicara Tentang Stunting)

SCOPH CIMSA FK UNSYIAH

BTS merupakan salah satu project SCOPH CIMSA FK Unsyiah yang diadakan oleh member CIMSA FK Unsyiah yang bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat mengenai pentingnya pencegahan stunting, juga agar masyarakat mengenal faktor risiko dan dampak dari stunting itu sendiri. BTS atau Bicara Tentang Stunting merupakan konsep acara dari selebrasi Hari Gizi Nasional. Kegiatan BTS merupakan wadah bagi member CIMSA FK Unsyiah untuk dapat aktif belajar dan melaksanakan gerakan untuk meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan bangsa.

BTS dilaksanakan selama dua hari. Pelaksanaan pertama dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Februari 2020. Hari pertama diisi dengan training yang bertemakan “Prevent Stunting in 1000 Days of Life”  di Cut Nun Lingke, Kota Banda Aceh. Training ini diisikan oleh dua pemateri yaitu M. Ilham, S. Ked dan Nisa Fitriani Daud, S. Ked. Pembukaan diisi oleh PO acara dan diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada kedua pemateri oleh Local Public Health Officer CIMSA FK Unsyiah dan Project Officer  BTS.

     

Selanjutnya pada hari kedua, bertepatan pada hari Minggu, 9 Februari 2020, BTS dilaksanakan di Car Free Day (CFD) Kota Banda Aceh atau tepat di depan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh panitia BTS dan official CIMSA FK Unsyiah serta beberapa senior CIMSA FK Unsyiah juga turut ikut berpartisipasi. BTS berkolaborasi dengan salah satu project SCOPH CIMSA FK Unsyiah yaitu LASKAR. Untuk kegiatan ini terbagi dalam dua teknik. Pertama, setiap panitia yang sudah terbagi dalam 8 kelompok dengan satu kelompok terdiri dari dua orang memberikan edukasi berjalan pada masyarakat. Kedua, masyarakat yang selesai dari kegiatan LASKAR diajak untuk ngobrol seputaran stunting di tempat yang sudah disiapkan panitia.

Target minimum masyarakat yang dapat diedukasi adalah 25 orang. Setiap masyarakat yang menerima edukasi sebelumya menjawab soal pre-test terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat mengenai stunting, setelah diberi edukasi dilanjutkan pengisian post-test sebanyak 10 soal pilihan ganda. Masyarakat yang mendapatkan edukasi ini juga diajak untuk mengambil foto menggunakan photo booth yang sudah disiapkan sebelumnya oleh panitia serta diberikan bingkisan sebagai hadiah partisipasi dalam rangkaian acara ini.

Dipilihnya topik Stunting pada acara selebrasi Hari Gizi Nasional edisi tahun 2020 ini,  diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan informasi kepada masyarakat luas tentang situasi, kondisi, penyebab, dan dampak stunting bagi bangsa ini. Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat menambah wawasan ilmu mengenai isu kesehatan terkait dan melatih skill komunikasi bagi para member CIMSA FK Unsyiah. Semoga informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat dan tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam acara ini.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top