BRAINSTEM - SCOME CIMSA UNIMAL

BRAINSTEM - SCOME CIMSA UNIMAL

image

BRAINSTEM

SCOME CIMSA UNIMAL

Brainstem mulai diadakan sejak tahun 2014 di lingkungan FK Unimal khusus untuk para mahasiswa. Suatu kegiatan yang telah menjadi hal rutin  diadakan tiap bulannya oleh SCOME CIMSA UNIMAL guna membantu proses belajar mahasiswa secara kompak. Dengan sistem kerjasama tim, masing-masing anak dapat membuat sebuah atau beberapa kelompok belajar dan membantu teman-teman lainnya dalam hal memahami pelajaran. Brainstem juga memiliki tingkat keberhasilan yang cukup baik diantara setiap aktifitas lokal. Dikarenakan sasaran kegiatannya sendiri untuk mahasiswa fakultas kedokteran.

 

Kegiatan seperti ini tentunya sangat diperlukan bagi para pelajar yang memiliki jadwal yang padat dan beban belajar yang tinggi. Mereka memerlukan orang lain selain dosen di kelas untuk menangkap semua ilmu yang dipelajarinya saat itu dengan mudah. Apalagi dalam keadaan beberapa hari mendekati ujian. Tak jarang beberapa mahasiswa hanya memilih teman-teman terdekatnya untuk tempat belajar, sedangkan banyak anak lain yang memiliki pemahaman lebih dalam mengenai materi yang ingin dikuasainya. Dalam hal ini, SCOME CIMSA UNIMAL berinisiatif mengadakan Brainstem untuk mengumpulkan anak-anak dan saling mengajari, berbagi ilmu, serta membantu teman-temannya terkait proses pembelajaran di kampus. Dengan harapan setiap mahasiswa bisa menjalani tahapan belajarnya tanpa kesulitan.

Brainstem awalnya dilaksanakan akibat kami, para member SCOME CIMSA UNIMAL, merasa nilai ujian blok mahasiswa kurang baik serta merasa hal ini terjadi pada banyak anak CIMSA karena kesibukannya di CIMSA. Untuk itu, agar dapat membantu member CIMSA UNIMAL, kami pun membentuk Brainstem, agar mereka tidak hanya belajar dengan teman – teman dekatnya saat mendekati ujian blok. Mereka juga dapat berdiskusi dengan teman – temannya sesama member CIMSA yang mungkin lebih mengerti tentang suatu materi. Selain itu, kami juga memberikan pemateri kepada tiap kelompok, yang fungsinya adalah untuk membimbing tiap kelompok, dengan cara mengajarkan mereka suatu materi atau membimbing mereka dalam mencerna materi tersebut. Pemateri Brainstem biasanya merupakan member CIMSA, terutama member SCOME, yang merupakan kakak tingkat bagi suatu kelompok, atau bisa juga sesama teman angkatan yang sudah lebih mengerti dan memahami tentang suatu materi. Disamping itu, peserta Brainstem juga bisa saling berbagi ilmu dengan teman lainnya, tidak selalu hanya menangkap ilmu dari pemateri melainkan bisa membuat sesi diskusi akan pelajaran yang telah dibahas.

Pada blok 2.2 kali ini, BRAINSTEM membahas semua hal terkait neuropsikiatri melalui 3 pertemuan, dimulai dari membahas mengenai nyeri, bagaimana manusia dapat merasakan nyeri dan apa saja jenis - jenis nyeri. Kemudian berikutnya, BRAINSTEM membahas mengenai kejang dan epilepsi, yaitu mengenai bagaimana kejang dapat terjadi, apa beda kejang dan epilepsi, dan apa saja jenis - jenis epilepsi. Pada pertemuan terakhir, BRAINSTEM membahas mengenai psikiatri, seperti skizofrenia, ansietas, dan lain - lain. Melalui BRAINSTEM blok 2.2 ini, diharapkan para peserta dapat lebih siap dalam menghadapi ujian blok dan lebih mendalami neuropsikiatri.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top