BCAM - SCORA CIMSA UGM

BCAM - SCORA CIMSA UGM

image

BCAM

(Breast Cancer Awareness Month)

SCORA CIMSA UGM

CIMSA (Center for Indonesian Medical Students Activities) UGM merupakan salah satu BSO (Badan Semi Otonom) yang dimiliki oleh FK-KMK UGM. CIMSA UGM mewadahi mahasiswa Pendidikan Dokter untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang berbasis data yang diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat dan mahasiswa Pendidikan Dokter itu sendiri. CIMSA UGM terdiri dari 6 SCO (Standing Committee), dimana masing-masing SCO memiliki ranah kerja yang berbeda. Salah satunya adalah SCORA (Standing Committee on Sexual & Reproductive Health and Rights Including HIV&AIDS).

Breast Cancer Awareness Month selalu diperingati dan dirayakan setiap tahunnya pada Bulan Oktober. Breast Cancer merupakan salah satu dari Non-Communicable Disease yang memiliki prevalensi tinggi dan penyebab kematian tertinggi pada wanita. Oleh karena itu, SCORA CIMSA UGM Bersama dengan Girl Up UGM melaksanakan air campaign dan ground campaign tentang Breast Cancer khususnya mengenai cara pencegahan kanker payudara dan metode pemeriksaan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) untuk meningkatkan awareness masyarakat khususnya wanita di usia produktif akan pentingnya menmperhatikan kesehatan payudaranya sendiri. Project ini memiliki 3 rangkaian kegiatan yang tersusun atas Pre-project training, Talkshow di Radio RRI, dan ground campaign  yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM, Fakultas MIPA UGM, Fakultas Farmasi UGM, dan Fakultas Kedokteran Gigi UGM.

     

Pre-project training dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019 di Relasi Co-working Space. Narasumber yang menjadi trainer dalam pre-project training ini adalah Ibu Rahayu Budi Wijayanti dan Ibu Wahyu Handayani dari Love Pink Organization. Ibu Yanti dan Ibu Wahyu merupakan survivor kanker payudara yang masih memiliki semangat yang tinggi untuk sembuh, dan memiliki keinginan untuk membagi ilmunya kepada masyarakat agar dapat terhindar dari kanker payudara. Main topic dari pre-project training ini sendiri adalah pemeriksaan SADARI, cara pencegahan kanker payudara, dan risk factor  dari kanker payudara. Ibu Wahyu dan Ibu Yanti sangat komunikatif dan kreatif dalam menyampaikan materi trainingnya, selain itu, Ibu Wahyu dan Ibu Yanti juga menceritakan tentang pengalamannya selama menjadi survivor kanker payudara. Peserta training yang terdiri dari OC BCAM, member SCORA CIMSA UGM, dan member Girl Up UGM sangat antusias dalam mendengarkan materi training yang disampaikan.

Talkshow di Radio RRI Pro 2 Yogyakarta dilaksanakan pada hari Selasa, 15 Oktober 2019. Talkshow ini diisi oleh Rira, selaku perwakilan dari SCORA CIMSA UGM, Chumaira dan Kayla, merupakan perwakilan dari Girl Up UGM, dan Ibu Wahyu & Ibu Yanti yang merupakan narasumber dari Love Pink Organization. Topik yang dibahas dalam talkshow ini sangat menarik dan ringan untuk didengarkan oleh masyarakat luas, yaitu tentang cara pencegahan kanker payudara dan membahas tentang stigma-stigma social yang beredar di masyarakat tentang kanker payudara. Stigma-stigma tersebut secara tidak langsung mempengaruhi mental dan psikis masyarakat, sehingga banyak masyarakat yang takut untuk memeriksakan kondisi kesehatan payudaranya ke dokter dan mengakibatkan telatnya penanganan medis yang dapat berujung kematian.

Ground Campaign dilaksanakan 3 kali pada tanggal 16, 18, dan 21 Oktober 2019. Tujuan dari Ground Campaign ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kanker payudara dan menggalang donasi untuk para survivor kanker payudara. Ground Campaign ini mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat yang diedukasi.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top