AMOEBA - CIMSA UNSOED

AMOEBA - CIMSA UNSOED

image

AMOEBA

(Arcawinangun’s Move: No Diarrhea with STBM and CIMSA)

CIMSA Unsoed

Pada Rabu, 11 Maret 2020 CIMSA Unsoed telah melaksanakan intervensi keempat dalam community development Arcawinangun’s Move: No Diarrhea with STBM and CIMSA (AMOEBA). Intervensi kali ini dilaksanakan di salah satu rumah warga RW 8 Kelurahan Arcawinangun, Purwokerto Timur dan dimulai sekitar pukul 16.15 serta berakhir pada 18.00. Intervensi keempat ini berisi pemaparan materi mengenai salah satu pilar STBM berupa pilar “Stop Buang Air Besar Sembarangan”

AMOEBA merupakan Community Development lokal CIMSA Unsoed yang mengangkat topik pencegahan diare dengan penerapan 5 pilar STBM. Untuk intervensi keempat ini membahas tentang materi Stop Buang Air Besar Sembarangan. Masyarakat yang datang berjumlah 15 orang yang terdiri dari ibu-ibu kader RW 8 Arcawinangun. Masyarakat yang mengikuti begitu antusias dilihat dari saat memulai pre-test kemudian memperhatikan materi yang dipaparkan dengan baik dan juga saat sharing session mengenai materi terkait.

     

Intervensi diawali dengan pembukaan oleh MC kemudian dilanjut dengan pemaparan materi “Stop Buang Air Besar Sembarangan” oleh pemateri ibu Siti Munfiah, SKM., M.Kes yang merupakan dosen FK UNSOED Departemen Kesehatan Masyarakat. Pemaparan materi ini diawali dengan pre-test dan diakhiri dengan post-test. Selanjutnya adalah sesi sharing dari warga dan tanggapan mengenai materi terkait. Setelah selesai pemaparan materi dilanjut dengan foto bersama. Warga yang mengikuti begitu antusias dengan Community Development dari CIMSA Unsoed yang membuat intervensi keempat ini menjadi berkesan.

Masyarakat RW 8 Arcawinangun secara keseluruhan bersikap terbuka dan antusias dalam mengikuti acara intervensi ini, dan juga di wilayah mereka sering diadakan acara penyuluhan dari puskesmas dan dari pihak lain sehingga program-program yang akan berjalan saling mendukung satu sama lain untuk mewujudkan lingkungan masyarakat yang sehat. Masyarakat juga mengharapkan bahwa di tiap intervensi AMOEBA memberi dampak positif dan dapat secara perlahan merubah lingkungan mereka menjadi lebih baik.

     

Dengan diadakannya intervensi kali ini diharapkan warga RW 8 Arcawinangun paham tetang penerapan pilar Stop Buang Air Besar Sembarangan untuk mencegah penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya, dan juga selalu antusias mengikuti serangkaian program dari Community Development AMOEBA CIMSA Unsoed.

Recent Post

Meet Your Trainers for May Meeting 2021

Posted 2021-05-08 00:00:00

See It for What It Is

Posted 2021-04-26 20:00:00

INTRODUCING: MODULE TEAM CIMSA 2021

Posted 0000-00-00 00:00:00

Know The Vax, Check The Facts!

Posted 0000-00-00 00:00:00

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top