AKAD - CIMSA FK UIN SH

AKAD - CIMSA FK UIN SH

image

AKAD

(Aksi Kita Atasi Diare)

CIMSA FK UIN SH Jakarta

Pada hari Minggu, 27 oktober 2019 CIMSA FK UIN SH mengadakan kegiatan Aksi Kita Atasi Diare (AKAD) yang dilaksanakan di RW 15 Ciputat, Tangerang Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat RW 15 Ciputat mengenai pentingnya menjaga kebersihan sebagai pencegahan diare, membuat sistem berkelanjutan di RW 15 Ciputat dalam usaha untuk meningkatkan kesehatan masyarakat desa tersebut dengan mencegah diare, terbentuknya peer educator dari masyarakat itu sendiri sehingga edukasi dapat meluas, terbentuknya kebiasaan mencuci tangan dalam keluarga di RW 15 Ciputat, melatih OC yang juga merupakan mahasiswa kedokteran dalam mengedukasi masyarakat RW 15 Ciputat mengenai PHBS dan diare (gejala maupun pencegahannya), dan juga melatih OC dalam menyelenggarakan aktivitas berbasis Sustainable Project yang baik dalam usaha meningkatkan kesehatan masyarakat.

     

Member CIMSA FK UIN SH yang merupakan panitia project AKAD (terdiri dari internal team dan MC team) tiba di Lapangan RW 03 Ciputat sekitar pukul 07.00 WIB untuk mengikuti senam terlebih dahulu bersama masyarakat RW 03 dan RW 15 Ciputat sampai pukul 08.30 WIB. Setelah itu masyarakat RW 15, ibu-ibu kader RW 03 dan panitia project AKAD mobilisasi ke Masjid Nurul Huda RW 03 untuk melaksanakan acara selanjutnya. Sebelum acara di mulai, masyarakat yang datang melakukan registrasi terlebih dahulu. Kemudian acara dimulai sekitar pukul 08.50 yang dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan dari LOCO CIMSA FK UIN SH. Selanjutnya penyampaian materi mengenai diare (mulai dari gejala sampai pencegahannya) oleh dr. Yona Mimanda, Sp.PK supaya masyarakat RW 15 dapat mengetahui dan juga meningkatkan pengetahuan mereka tentang diare secara umum, tanda dan gejalanya sehingga mereka dapat mencegah atau melakukan tatalaksana awal terhadap diare dan disertai dengan pretest pada sebelum materi disampaikan, tanya jawab dan posttest pada setelah materi selesai disampaikan. Kemudian dilanjutkan dengan acara Small Working Group (SWG), disini semua masyarakat RW 15 yang datang dibagi menjadi 4 kelompok yang terdiri dari 10 orang per kelompok, lalu mereka diberi kasus mengenai diare dan mereka harus berdiskusi mengenai gejala dan tanda diare pada kasus tersebut juga bagaimana penatalaksanaan awalnya. Dilanjutkan dengan presentasi hasil diskusi perkelompok dan kelompok yang paling bagus mendapatkan hadiah berupa sabun cuci tangan. Selama SWG diberikan pula makanan ringan supaya masyarakat yang hadir tidak merasa suntuk dengan kegiatan yang dilakukan. Tujuan dari adanya SWG ini adalah sebagai bahan latihan para masyarakat dan sekaligus menjadi alat ukur apakah materi yang telah disampaikan telah diterima dan dimengerti dengan baik oleh masyarakat RW 15. Kegiatan selanjutnya  adalah pemeriksaan kesehatan gratis, cek kesehatan ini memang kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh para masyarakat yang datang. Karena bagi masyarakat kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan untuk mengetahui atau untuk memantau kesehatan mereka. Pemeriksaan yang dilakukan terdiri dari pemeriksaan tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolesterol. Satu per satu masyarakat dipanggil untuk melakukan pemeriksaan berdasarkan absen pada registrasi awal sebelum acara di mulai.

     

Pemeriksaan kesehatan gratis menjadi rangkaian acara terakhir pada intervensi 1 AKAD dan acara ditutup dengan foto bersama panitia AKAD dengan masyarakat RW 15. Diharapkan acara AKAD ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan diare dan memberikan manfaat juga kepada member CIMSA FK UIN SH untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kesehatan di masyarakat Indonesia.

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top