PRESS RELEASE: DOKUMEN KEBIJAKAN CIMSA POST MAY MEETING 2022

PRESS RELEASE: DOKUMEN KEBIJAKAN CIMSA POST MAY MEETING 2022

image

Sumber: CIMSA Indonesia

JAKARTA — Sabtu, 18 Juni 2022, CIMSA Indonesia merilis satu Dokumen Kebijakan yang telah disahkan pada May Meeting 2022. Acara Press Release ini dilaksanakan melalui media Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung melalui YouTube selama 40 menit pada puul 16.10-16.50 WIB. Press Release ini diharapkan dapat memperjelas posisi dan peran CIMSA sebagai organisasi mahasiswa kedokteran Indonesia dan mengajak pihak pembuat kebijakan untuk turut mendukung dalam program yang akan CIMSA laksanakan dalam mewujudkan pencapaian Sustainable Development Goals, terkhusus melalui isu Kekerasan Seksual.

Sesuai yang tertera dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 pasal 28G ayat 2, setiap orang berhak mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan berhak untuk bebas dari penyiksaan atau perlakuan yang merendahkan derajat martabat manusia, termasuk kekerasan seksual. Kekerasan seksual adalah setiap tindakan baik berupa ucapan ataupun perbuatan yang dilakukan seseorang untuk menguasai atau memanipulasi orang lain serta membuatnya terlibat dalam aktivitas seksual yang tidak dikehendaki. Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menyatakan bahwa Indonesia sedang berada dalam kondisi darurat kekerasan seksual sehingga usaha multisektoral dalam pendampingan korban dan penanganan isu kekerasan seksual harus ditingkatkan.

Pada isu kekerasan seksual, CIMSA menentang segala bentuk kekerasan seksual dan menyadari pentingnya pencegahan serta penanggulangan kekerasan seksual. CIMSA mendukung upaya  perlindungan serta penegakan hukum yang menempatkan perlindungan, hak, dan martabat korban pada garda terdepan. CIMSA turut mendorong peningkatan kewaspadaan dan berkomitmen untuk menciptakan ruang aman bagi korban kekerasan seksual baik di dalam maupun luar organisasi, serta aktif memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga tercipta pencegahan dan penanganan kasus kekerasan seksual dari multipihak. 

Acara dipimpin oleh Maharani Suradi Putri, Marketing, Campaign, and Advocacy Director CIMSA, sebagai moderator serta pembacaan pernyataan kebijakan CIMSA oleh Syaogi Ahmed ‘Azizy selaku Presiden CIMSA Indonesia. Kemudian acara ini membawakan dua tokoh panelis yakni Risya Ariyani Kori selaku Gender Programme Specialist United Nations Population Fund (UNFPA) serta Siti Husna Lebby Amin selaku Legal Service Staff LBH Apik Jakarta yang turut memberikan respons aktif terhadap panggilan aksi yang telah CIMSA cantumkan pada dokumen kebijakan CIMSA terkait.

Bahan Press: [ https://bit.ly/PRKitMM2022 ]

 

Tentang CIMSA

Center for Indonesian Medical Students’ Activities (CIMSA) adalah organisasi mahasiswa kedokteran Indonesia yang bersifat non-profit, non-pemerintah, nonpolitik, nonpartisan, nasionalis, dan independen. Sebagai salah satu organisasi mahasiswa kedokteran terbesra di Indonesia, CIMSA merepresentasikan lebih dari 9.000 mahasiswa kedokteran dan tersebar pada 29 lokal di seluruh Indonesia untuk meningkatkan taraf kesehatan bangsa melalui peningkatan kapasitas, riset, aktivitas, dan advokasi.

 

Narahubung:

Maharani Suradi Putri
Marketing, Campaign, and Advocacy Director CIMSA 2021-2022
E-mail: campaign@cimsa.or.id

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top