JOINT STATEMENT CIMSA & ISMKI: SEPTEMBER 9TH-10TH 2019, JAKARTA

JOINT STATEMENT CIMSA & ISMKI: SEPTEMBER 9TH-10TH 2019, JAKARTA

image

Yth. Seluruh Mahasiswa Kedokteran Indonesia

 

Sejak tahun 2002, CIMSA (Center for Indonesian Medical Students’ Activities) yang saat itu berusia satu tahun, bersama dengan ISMKI (Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia) telah berhasil bergabung dengan IFMSA (International Federation of Medical Students’ Associations) sebagai full member NMO (National Member Organization) Indonesia di bawah nama CIMSA-ISMKI.

 

Selama 17 tahun ke belakang, kerja sama CIMSA-ISMKI dalam membawa nama Indonesia di dunia internasional dilaksanakan berlandaskan pada Letter of Agreement (LoA) yang ditandatangani oleh kedua pihak pada tahun 2002. Meskipun LoA tersebut merupakan hasil kesepakatan bersama pada saat itu, perbedaan pendapat mengenai teknis pelaksanaannya diantara CIMSA dengan ISMKI tidak dapat dihindari. Hal ini akhirnya melatarbelakangi berbagai pertemuan dari tahun ke tahun untuk membahas kembali dan bernegosiasi mengenai LoA 2002 tersebut. Meskipun berbagai usaha negosiasi untuk mempertahankan LoA 2002 telah dilakukan, ternyata kata mufakat tetap tidak dapat sepenuhnya tercapai. Alhasil, dengan berbagai pertimbangan di setiap pertemuan tersebut, keputusan yang telah dibuat oleh kedua belah pihak masih belum dapat menemukan titik terang.

 

Pada tanggal 9-10 September 2019 di Jakarta, CIMSA dan ISMKI kembali melaksanakan pertemuan. Negosiasi yang dilakukan tersebut merupakan sebuah tindak lanjut dari keputusan ISMKI yang sempat menyatakan keinginannya untuk mengundurkan diri dari keanggotaannya sebagai NMO Indonesia. Tentunya, hal ini merupakan sebuah substansi yang sangat sulit untuk dibahas oleh kedua belah pihak. Oleh karena itu, CIMSA melibatkan seluruh komponen yang dimiliki, mulai dari lokal, senior, serta alumni, dan dengan disertai berbagai perundingan yang panjang untuk akhirnya dapat membuat beberapa poin dalam menyikapi pernyataan keinginan pengunduran diri ISMKI dari NMO Indonesia di IFMSA.

 

Diskusi berjalan panjang selama 10 jam dan berakhir dengan ditandatanganinya sebuah Joint Statement antara CIMSA dan ISMKI yang menyatakan bahwa terhitung dari tanggal 10 September 2019, ISMKI resmi mengundurkan diri dan mengakui CIMSA sebagai satu-satunya organisasi yang berkewajiban untuk merepresentasikan seluruh mahasiswa kedokteran Indonesia dalam afiliasinya dengan IFMSA. Joint Statement tersebut ditandatangani oleh Thesya Ananta Putri selaku President CIMSA 2019/2020 dan Taufik Supriyana Trisaputra selaku Sekretaris Jenderal ISMKI 2019/2020, serta disaksikan oleh Po-Chin Li selaku Regional Director Asia Pacific IFMSA 2018/2019.

 

Adanya perubahan tersebut tentunya diikuti dengan tanggung jawab dan amanah yang lebih besar. Seluruh komponen CIMSA diharapkan dapat meningkatkan motivasi untuk memfokuskan diri dalam menjalankan amanah ini dan senantiasa mengajak seluruh mahasiswa kedokteran Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan IFMSA sesuai dengan nilai “Think Globally, Act Locally”. 


Semoga keputusan yang telah disepakati oleh CIMSA dan ISMKI ini tidak mengurangi semangat CIMSA untuk tetap melaksanakan aktivitas-aktivitasnya dalam mencapai visi misi yang telah menjadi mimpi kita semua; Empowering Medical Students, Improving Nation’s Health”.

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top