FIRST CIMSA MONTHLY ARTICLE: NOVEMBER EDITION

FIRST CIMSA MONTHLY ARTICLE: NOVEMBER EDITION

image

"Sakit Kepala: Mengobati Sakit Kepala"

 

”Sakit kepala” pernah dialami semua orang setidaknya sekali seumur hidup. Namun, apakah sebenarnya sakit kepala itu? Apakah yang dialami adalah sakit kepala atau hanya pusing? Apakah sakit kepala dan pusing adalah hal yang sama?

Pusing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai sensasi, seperti perasaan pingsan, lemah, atau tidak stabil, sedangkan sakit kepala umumnya mengacu pada rasa sakit di bagian kepala manapun. Sakit kepala dapat terjadi pada satu atau kedua sisi kepala, diisolasi ke lokasi tertentu ataupun menyebar dari satu titik. Gejala ini dialami oleh hampir semua orang karena sakit kepala adalah gejala neurologis yang paling lazim, dan sebenarnya memiliki prevalensi lebih tinggi pada wanita daripada pria.

Tahukah kamu bahwa ada berbagai jenis sakit kepala dan cara-cara yang berbeda untuk mengatasinya?

  • Jenis yang paling umum dan sering terdengar adalah ‘migrain’ (migraine). Migrain adalah kelainan episodik yang umumnya dikaitkan dengan mual atau sensitivitas terhadap cahaya dan suara. Migrain dapat diringankan dengan obat untuk meredakan rasa nyeri (analgesic) sederhana seperti parasetamol atau ibuprofen.
  • Jenis sakit kepala yang lain adalah ‘sakit kepala kluster’ (cluster headache) yang merupakan sakit kepala terisolasi pada satu sisi kepala. Sakit kepala ini dapat diobati dengan triptan atau lidokain.
  • Jenis sakit kepala yang intensitasnya ringan hingga sedang, bilateral, dan tidak berdenyut disebut ‘sakit kepala tipe tegang’ (tension type headache). Mirip dengan migrain, sakit kepala ini dapat diobati dengan parasetamol atau ibuprofen.
  • Jenis sakit kepala yang terkhir adalah ‘neuralgia trigeminal’ yang merupakan sakit kepala dengan nyeri seperti sengatan listrik pada satu sisi kepala (unilateral) yang dipicu oleh rangsangan yang tidak berbahaya. Jenis sakit kepala ini dapat diobati dengan antikonvulsan seperti carbamezapine.

Dengan mengetahui cara membedakan berbagai jenis sakit kepala, pastikan untuk tidak panik dan mendapatkan pengobatan yang tepat!

TRIVIA

 

“APAKAH HIPOGLIKEMIA MENYEBABKAN SAKIT KEPALA?”

Sumber energi utama yang paling penting untuk otak adalah gula dan oksigen. Ketika jumlah gula darah terlalu rendah (hipoglikemia), pasien dapat merasakan sakit kepala, lemas, hingga perubahan pada tingkat kesadarannya.

Solusinya adalah pola waktu makan dengan interval yang reguler dan menghindari begadang. Makan dengan porsi kecil namun sering dibandingkan makan dengan porsi besar dalam sekali waktu akan membantu kita mempertahankan kadar gula darah.  

“BENARKAH KOPI MEMBANTU PENYEMBUHAN SAKIT KEPALA?”

Penelitian telah membuktikan bahwa kafein, yang salah satunya dapat ditemukan di dalam kopi, dapat meningkatkan potensi efektivitas dari obat analgesik sebagai obat sakit kepala (seperti aspirin dan parasetamol). Tanpa kafein, dosis obat analgesik yang diperlukan untuk mencapai potensi maksimal dalam fungsi terapeutiknya, menjadi 40% lebih tinggi.

"APAKAH MENGONSUMSI ANTINYERI DALAM JANGKA PANJANG ITU BAIK?"

Penggunaan anti nyeri yang berlebihan dalam mengobati sakit kepala, salah satunya adalah migrain, justru dapat memperparah atau menjadi pemicu sakit kepala itu sendiri. Hal ini disebut sebagai rebound headache atau medication overuse headache.

Mekanismenya masih belum pasti. Namun, adaptasi pronociceptive (mengarah pada persepsi rasa nyeri) persisten yang diinduksi oleh obat diduga bertanggung jawab untuk menurunkan ambang batas serta memperkuat respons terhadap pemicu sakit kepala yang mengarah pada peningkatan frekuensi serangan sakit kepala.

CIMSA

Empowering Medical Students

Improving Nation’s Health

REFERENCES

Mayo Clinic. (2019). Headache. [online] Available at: http://www.mayoclinic.org/symptoms/headache/basics/definition/sym-20050800 [Accessed 9 Nov. 2019].

Uptodate.com. (2019). UpToDate. [online] Available at: https://www.uptodate.com/contents/preventive-treatment-of-migraine-in-adults?topicRef=3347&source=see_link#H457019427 [Accessed 9 Nov. 2019].

Headache Classification Committee of the International Headache Society (IHS). The International Classification of Headache Disorders, 3rd edition. Cephalalgia; 33(9) 629–808

Jensen RR, Stovner LJ. Epidemiology and comorbidity of headache; Lancet Neurol 2008; 7:354–61

De Felice M, Ossipov MH, Porreca F. Persistent medication-induced neural adaptations, descending facilitation, and medication overuse headache. Curr Opin Neurol. 2011;24(3):193–196. doi:10.1097/WCO.0b013e328346af25

Genetics Home References. (2019). Migraine. [online] Available at: https://ghr.nlm.nih.gov/condition/migraine#genes [Accessed 28 Nov. 2019].

National Headache Foundation. (2019). Hypoglycemia. [online] Available at: https://headaches.org/2007/10/25/hypoglycemia/ [Accessed 28 Nov. 2019].

Mayo Clinic. (2019). Headache. [online] Available at: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/medication-overuse-headache/symptoms-causes/syc-20377083 [Accessed 28 Nov. 2019].

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top