Berada di Rumah Tapi Tetap Sehat, Memang Bisa?

Berada di Rumah Tapi Tetap Sehat, Memang Bisa?

image

Artikel oleh Safiya Avivi (MCA Team CIMSA 2020-2021)
Desain oleh Ivan Wima Aditama (MCA Team 2020-2021)

Bagi sebagian orang, pandemi COVID-19 berarti lebih banyak berdiam diri dan menetap di dalam rumah. Keterbatasan ruang gerak dan limitasi interaksi terkadang menjadi alasan kita untuk tidak beraktivitas fisik, seakan tak apa untuk memiliki gaya hidup sedenter. Walaupun tidak mudah, justru pada masa ini sangat penting bagi kita untuk rutin beraktivitas fisik.

Selain meningkatkan kebugaran badan, aktivitas fisik dengan teratur juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit pemberat COVID-19, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes tipe dua, dan beberapa jenis kanker. Aktivitas fisik dengan teratur juga bermanfaat bagi kesehatan mental kita, seperti mengurangi rasa stres dan cemas yang kerap kali hadir pada masa ketidakpastian ini.

World Health Organization (WHO) menyarankan bagi orang dewasa untuk beraktivitas fisik dengan intensitas sedang 150-300 menit per minggu, atau setidaknya 75 menit dengan intensitas tinggi. Untuk mempertahankan kesehatan tulang dan otot, lakukan latihan kekuatan otot setidaknya dua kali dalam seminggu ("#HealthyAtHome - Physical activity", 2020).

Banyak cara agar kita bisa tetap aktif walaupun hanya di rumah saja. Mulai dari mengikuti kelas olahraga online, menonton video instruksi olahraga di YouTube, hingga memainkan video games interaktif yang mengharuskan kita untuk bergerak. Kita juga bisa menggunakan aplikasi pada ponsel pintar untuk latihan kekuatan fisik, seperti 7-Minute Workout dan lain sebagainya.

Lalu, bolehkah kita beraktivitas fisik di luar rumah?

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) sangat mengimbau masyarakat untuk tetap latihan fisik di rumah saja. Jika tetap ingin melakukannya di tempat umum, kita harus mengikuti protokol kesehatan dan panduan yang berlaku. Pastikan bahwa kita berada dalam kondisi sehat dan fit, pilih zona hijau, menjaga jarak dengan orang lain, menggunakan perlengkapan sendiri, serta hindari menyentuh peralatan umum dan area wajah. Selain itu, perlu diingat bahwa aktivitas fisik yang direkomendasikan saat ini adalah aktivitas dengan intensitas ringan sampai sedang dan tetap menggunakan masker. Untuk panduan lebih lengkapnya, dapat dilihat di sini.

Sementara itu, menurut WHO, jangan menggunakan masker ketika berolahraga. Keringat dapat membuat masker menjadi lebih cepat basah, sehingga menambah kesulitan untuk bernapas dan masker menjadi tempat ideal bagi pertumbuhan mikroorganisme. Langkah pencegahan yang disarankan adalah dengan menjaga jarak dari orang lain.

Lantas, muncullah pertanyaan: panduan mana yang harus kita ikuti?

Jika beraktivitas di tempat umum yang tidak bisa kita prediksi keramaiannya, tetap lebih baik menggunakan masker. Ingat, latihan fisik yang direkomendasikan berkisar pada interval ringan hingga sedang. Selain itu, bawa masker cadangan untuk mengganti masker yang basah.

Walaupun berada dalam kondisi yang serba terbatas, kita tetap memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan melakukan aktivitas fisik yang kita senangi dan tidak monoton. Apapun jenis aktivitas fisik yang kita pilih, jangan lupakan panduan dan protokol kesehatan. Di tengah pandemi yang terus bertambah korbannya, ingatlah bahwa menjaga kebugaran tubuh itu baik, tetapi menjaga kesehatan diri dan masyarakat tetap menjadi hal yang terpenting.

 

 

Referensi:

#HealthyAtHome - Physical activity. WHO. (2020). Retrieved 3 September 2020, from https://www.who.int/news-room/campaigns/connecting-the-world-to-combat-coronavirus/healthyathome/healthyathome---physical-activity.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga. (2020). New Normal: Panduan Latihan Fisik di Tempat Umum. Retrieved from https://www.instagram.com/p/CBIfXnZB3sn/

American College of Sports Medicine. (2020). Staying Active During the Coronavirus Pandemic [Ebook]. Retrieved 3 September 2020, from https://www.exerciseismedicine.org/assets/page_documents/EIM_Rx%20for%20Health_%20Staying%20Active%20During%20Coronavirus%20Pandemic.pdf.

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top