SPECIMEN - CIMSA UNSYIAH

SPECIMEN - CIMSA UNSYIAH

image

SPECIMEN

CIMSA UNSYIAH

 

SPECIMEN (Stop Hypertension and Know Its Medical Treatment) merupakan sebuah kegiatan community development yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai hipertensi atau tekanan darah tinggi, sehingga masyarakat bisa sedikit demi sedikit merubah pola hidup menjadi lebih sehat dan dapat mencegah hipertensi. Hipertensi disebut sebagai silent killer dimana penyakit ini tidak menimbukan gejala jangka panjang tapi dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam nyawa. Jika tidak terdeteksi dini dan terobati tepat waktu hipertensi dapat mengakibatkan komplikasi serius seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke gagal ginjal dan penyakit lainnya.

Berdasarkan data Dinkes Aceh, penderita hipertensi di Banda Aceh mencapai 13.968 yang merupakan kasus terbanyak kedua setelah Aceh Utara. Kecamatan Syiah Kuala tercatat penderita hipertensi cukup tinggi pada pada tahun 2017 dan Gampong Rukoh merupakan gampung kedua terbanyak penderita hipertensi yang tercatat dari data puskesmas. Berdasarkan data tersebut kami menentukan Gampong Rukoh  sebagai tempat untuk diadakanya SPECIMEN (Stop Hypertension and Know Its Medical Treatment)

Bentuk dari kegiatan SPECIMEN (Stop Hypertension and Know Its Medical Treatment) adalah home visit atau kunjungan ke rumah warga agar pendekatan yang dilakukan kepada masyarakat labih mudah sehingga penyampaian materi lebih mudah dan mayarakat bisa lebih memahami materi apa yang telah disampaikan. Apabila masyarakat telah paham diharapkan masyarakat dapat merubah pola hidup sehat dan tidak menganggap penyakit hipertensi sebagai hal yang sepele karena berdasarkan kujungan yang dilakukan di rumah warga pada saat bonding dan assesment primer kemarin masih banyak masyarakat yang kurang peduli dengan kesehatanya. Masyarakat kurang menjaga pola hidup seperti makanan, olahraga, dan istirahat yang cukup padahal ada beberapa dari mereka memiliki faktor resiko tinggi.

Pada tanggal 24 Februri 2018, kemi telah selesai melakukan tahap bonding dan assesment primer. Pada tahap ini kegiatan yang kami lakukan adalah memandu masyarakat dalam mengisi quisoner yang mencakup seberapa jauh pengetahuan masyarakat mengenai hipertensi, serta bagaimana pola hidup masyarkat saat ini. Hal ini akan menjadi tolak ukur bagi kami dalam memberikan adekasi kepada masyarakat pada tahap tahap selanjutnya. Pada tahap akhir nantinya kami akan memberikan quisoner yang sama untuk mengukur peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai hipertensi.

Sesuai tujuan awal dari SPECIMEN (Stop Hypertension and Know Its Medical Treatment) adalah peningkatan pengetahuan dan sikap masyarakat mengenai hipertensi maka CIMSA UNSYIAH sangat berharap materi-materi yang disampaikan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat, memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat, dapat menghindari hipertensi, masyarakat peduli akan kesehatannya, dan tidak menggap hipertensi adalah penyakit yang sepele.

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top