CARDIAC4 - SCOPH CIMSA Universitas Sultan Agung

CARDIAC4 - SCOPH CIMSA Universitas Sultan Agung

image

Seperti yang kita ketahui, kesehatan merupakan anugerah terbesar yang didapat oleh setiap manusia karena tubuh dapat melakukan banyak hal seperti bekerja, beraktivitas, dan lain sebagainya. Namun, kesehatan itu harus terus dijaga. Di Indonesia, khususnya Demak, angka kesakitan masih cukup tinggi dan mahalnya biaya pengobatan pada era ini membuat masyarakat kesulitan berobat sehingga diobati tidak sampai tuntas yang akhirnya menjadi menahun atau bahkan tidak diobati sama sekali. Oleh karena itu, SCOPH CIMSA UNISSULA, mengadakan kegiatan yang menyediakan fasilitas kesehatan secara GRATIS berupa pengobatan massal yang bernama Cure and Treatment Day Session at CIMSA 4 (CARDIAC4). Acara ini bekerjasama dengan BEM FKG UNISSULA, HIMA FARMA UNISSULA, dan didukung oleh LPPSP (Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumberdaya Pembangunan), Dinas Kesehatan Kota Demak serta SCORE CIMSA Unissula. Tujuan diadakannya CARDIAC4 ini adalah; meningkatkan angka kesehatan masyarakat di Desa Wedung, membantu menyediakan fasilitas kesehatan secara gratis, dan mengupayakan penyembuhan penyakit pada masyarakat desa binaan.


Cardiac 4 dilaksanakan di Desa Wedung, Demak. Pemilihan lokasi di tambak gejoyo, desa wedung ini dikarenakan akses yang sulit untuk menuju ke pelayanan kesehatan dan tidak sedikit warga yang masih belum mempunyai kartu BPJS. Selain itu, warga yang didominasi berprofesi sebagai pedagang dan nelayan tersebut masih merasakan mahalnya biaya pengobatan sehingga banyak yang menunda pengobatan.

IMG_6608_2

Desa Wedung adalah karena akses yang sangat sulit bagi warga disana untuk berobat, harus menempuh dengan perahu selama lebih dari satu jam kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat lebih dari satu jam pula. Selain itu, tidak sedikit warga yang tidak memiliki kartu BPJS. Ditambah dengan warga yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan dan pedagang merasakan mahalnya biaya pengobatan sehingga banyak yang menunda pengobatan.


Acara yang diselenggarakan pada tanggal 1 Februari 2015 di SDN 3 Wedung ini diawali dengan pendaftaran dari para peserta dengan menyerahkan kupon yang telah disebar oleh panitia beberapa hari sebelum dilaksanakannya kegiatan. Setelah itu, peserta dianamnesis, ditensi, dan ditimbang di pos berikutnya, yang mana akan mendapat kartu rekam medis, dan kemudian dibawa ke stand dokter untuk dilakukan penindakan lebih lanjut. Berikutnya, peserta masuk ke ruang dokter, disana, mendapatkan penanganan dan resep langsung oleh dokter. Peserta yang telah mendapat resep dokter, menyerahkan resep di ruangan instalasi farmasi yang kemudian diberikan obat secara gratis.

IMG_6606

Target dari CARDIAC4 adalah sebanyak 60% peserta datang. Alhamdulillah CARDIAC4 melampaui target, yaitu 63% peserta datang ke acara ini. Kami juga mendapat feedback yang luar biasa baik dari para peserta dan pihak LPPSP Semarang.


CARDIAC4 melakukan inovasi baru, bekerjasama dengan SCORE CIMSA Unissula untuk melakukan asesmen pre dan post project kepada warga Desa Wedung, Demak. Asesmen ini merupakan refleksi dari acara CARDIAC 3 yang diselenggarakan pada tahun 2014 kemarin. Data yang diperoleh berupa kepatuhan minum obat, mengerti aturan minum obat, kehadiran peserta, dan lain-lain. Berdasar data yang diperoleh, masih banyak warga yang belum mengerti aturan minum obat dan kepatuhan minum obat. Oleh karena itu, pada CARDIAC 4 lebih diperbaiki dan diperhatikan dari segi aturan minum obat, dan edukasi pasien sehingga pasien dapat sembuh dengan baik.


Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top