Aksi Kolaborasi Sosial: Hari Gizi Nasional 2018 oleh AOMKI

Aksi Kolaborasi Sosial: Hari Gizi Nasional 2018 oleh AOMKI

image

Pada hari minggu 11 Februari 2018 di Car Free Day bundaran HI kami perwakilan dari CIMSA dating untuk memenuhi undangan acara Hari Gizi Nasional yang diselenggarakan oleh AOMKI. Pada kesempatan kali ini CIMSA diwakili oleh Adriana Damayanti (VPF CIMSA 2017-2018), Arizal Novrianto (HRDD CIMSA 2017-2018), Fauziyyah Boenjamin (MCD CIMSA 2017-2018), Reyfal Khaidar (LOCO CIMSA UIN 2017-2018), Shoffira Fathiya (PC CIMSA UIN 2017-2017), Yoga Arif (LOCO CIMSA UI 2017-2018), Jannatiah (VLE CIMSA UNPAD 2017-2018), Maulana Girsang (LOCO CIMSA UNPAD 2017-2018), Ivan Dandy (LPO CIMSA UNPAD 2017-2018), Sherly (VLE CIMSA UPH 2017-2018), Fildza Awwalia (RnDC CIMSA UNPAD 2017-2018), Khoriah Indrihutami (LORA CIMSA UNPAD 2017-2018).

AOMKI sendiri merupakan aliansi dari sembilan organisasi nasional mahasiswa kesehatan di Indonesia, ISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia), ISMKI (Ikatan Senat Mahasiswa kedokteran Indonesia), PSMKGI (Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia), ISMKMI (Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia), AMSA (Asian Medical Students’ Association), ILMIKI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia), CIMSA (Center for Indonesian Medical Students’ Activities), ILMAGI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia), dan IKAMABI (Ikatan Mahasiswa Kebidanan Indonesia), memiliki visi serupa dengan IYHPS yang berisikan profesional kesehatan muda dari berbagai profesi kesehatan, yaitu berfokus pada usaha peningkatan derajat kesehatan Indonesia melalui kolaborasi interprofesi kesehatan. 

Pada topik HGN kali ini mengangkat tema anemia pada remaja putri. Dalam kesempatan ini CIMSA yang merupakan anggota dari AOMKI melakukan aksi kolaborasi untuk mengedukasi warga yang sedang CFD agar lebih aware terhadap anemia pada remaja putri dengan cara memberitahu bagaimana tanda dan gejala anemia, bagaimana pengaruh anemia dalam jangka pendek dan panjang, factor resiko anemia, serta hal-hal yang harus dilakukan untuk mencegah anemia itu sendiri. Dalam strategi mengedukasi masyarakat kita dibagi menjadi beberapa kelompok yang berisikan mahasiswak dari masing-masing profesi yaitu ada dokter, perawat, ahli gizi, kesehatan masyarakat, dokter gigi, dan farmasi. Selain edukasi kepada masyarakat juga diadakan pengecekan kesehatan gratis yang meliputi glukosa darah, tinggi badan, berat badan, dan LILA (lingkar lengan atas), dan juga sesi konsultasi dengan ahli dibidangnya.

Pada akhir acara pun dilakukan deklarasi dari masing-masing perwakilan anggota AOMKI untuk lebih menekankan pentingnya kolaborasi antar profesi. Harapan setelah dilakukan acara ini adalah agar acara ini bisa berlangsung secara terus-menerus, dan hubungan CIMSA dengan Student Organization dan Youth Organization semakin baik lagi kedepannya. 

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close
Top